Sukses

Beauty

6 Langkah Dapatkan Rambut Ikal Sehat, Bebas Kering & Bercabang

Jakarta Memiliki rambut bertekstur ikal merupakan hal yang menakjubkan. Di samping kita bisa mempunyai gaya rambut yang unik, gaya rambut ini juga bisa menjadi tren yang nggak kalah dengan “si rambut lurus”. Bedanya, siapapun  yang memiliki jenis rambut ini, akan menghadapi masalah yang kompleks jika tidak tahu cara merawatnya. Jika salah memilih produk perawatan, rambut bisa menjadi kering dan mengembang, juga mengganggu penampilan.

Mengapa jenis rambut ikal terkenal dengan rangkaian yang merepotkan? Hal ini dikarenakan tekstur ikal yang menjadi ciri khas rambut, memiliki ketebalan berbeda pada tiap helainya. Sehingga, pada bagian rambut yang lebih tipis akan cenderung gampang bercabang (frizzy).

Beberapa hari lalu, saya menghadiri acara yang turut membahas mengenai perempuan dan rambut ikalnya. Acara ini diselenggarakan oleh Kerastase Indonesia. Dipandu oleh pakar dermatologi, Dr. Eddy Karta SpKK, banyak sekali informasi yang penting untuk diketahui oleh para perempuan pemilik rambut ikal.

Kenyataan ironis yang sering terjadi adalah, masih banyak perempuan yang masih kurang peduli pada perawatan rambutnya. Padahal, cukup dilihat dari anatominya saja, cukup jelas jika rambut ikal memiliki bentuk yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan rambut bertekstur lurus. Bentuk anatomi yang berbeda ini pun turut mempengaruhi kualitas rambut. Letak korteks (bentuk rambut ikal/keriting) tidak merata, menyebabkan distribusi kandungan sebum yang berfungsi melembabkan rambut dari akar ke ujung rambut, bekerja menjadi tidak maksimal (akibat tekstur rambut yang juga tidak beraturan). Akibatnya, rambut akan lebih mudah kering dan bercabang.

Tak hanya karena pengaruh anatomi rambut, kebiasan sehari-hari yang dilakukan pada rambut seperti, tidak menggunakan produk perawatan yang tepat, menggunakan alat styling (hair dryer dan alat catok) pun menjadi pelengkap detik-detik kerusakan rambut. Inilah alasan, mengapa sebagian pemiliki rambut ikal memilih cara instan seperti menggunakan obat pelurus rambut untuk menghindari proses perawatan yang “merepotkan”.

Adalah masalah tentu ada solusi juga kan?

Pertama, yang penting untuk dilakukan adalah menerapkan disiplin waktu untuk merawat rambut ikalmu. Dimulai dari keramas menggunakan sampo, lalu diakhiri dengan kondisioner. Saat keramas, sebaiknya gunakan air biasa saja. Hindari menggunakan air hangat terlalu sering. Untuk sampo dan kondisioner, hindari produk yang mengandung bahan kimia, terutama silicon dan sulfate. Dua kandungan tersebut, justru akan membuat rambut ikalmu menjadi lebih kering bahkan rapuh. Ini akan terjadi tanpa kamu sadari.

Kedua, tak hanya wajah yang membutuhkan ekstra perhatian dengan rangkaian skincare yang padat. Untuk rambut pun berlaku demikian, Fimelova. Buat kamu yang terbiasa menggunakan hair dryer, sebelum menggunakannya, lindungi rambut menggunakan vitamin yang khusus melindungi rambut dari alat panas (bersumber dari hair dryer). Setelah rambut dalam keadaan setengah kering, lindungi kembali ujung rambut menggunakan vitamin yang sama.

Ketiga, setelah mencukupi perawatan rambut dari luar, perawatan dari dalam juga tak boleh terabaikan, Fimelova. Rambut sama dengan anggota tubuh yang lain. Rambut memerlukan asupan air mineral yang cukup. Sama seperti tanaman, rambut juga bisa dehidrasi.  Tandanya, warna rambut tidak bercahaya (kusam), kering, rontok, dan bercabang hingga tampak kemerahan.

Keempat, selain air mineral, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi yang bersumber dari sayur dan buah-buahan, seperti wortel, alpukat, dan kacang-kacangan (almond).


Kelima, jika melakukan perawatan sendiri cukup merepotkan bagimu, fyi, Kerastase memiliki rangkaian perawatan salon juga, Fimelova. Di salon khusus Kerastase, kamu akan mendapatkan pelayanan seperti konsultasi dan diagnosa keadaan rambut, lalu kebutuhan rangkaian produk akan disesuaikan dengan keadaan rambutmu saat itu.  Tertarik?


Keenam, selain perawatan harian, jangan lupa untuk melakukan perawatan bulanan, seperti masker.
 
Hampir sempua perempuan mungkin sering mengeluhkan bagaimana sulitnya merawat rambut ikal. Tapi jangan cepat menyerah, Fimelova. Lalu dengan mudah memutuskan untuk meluruskan rambutmu. Memang butuh ekstra perhatian dan kesabaran. Sekarang, tinggal bagaimana kamu memelihara keindahan itu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading