Sukses

Beauty

Fakta dan Mitos di Balik Penuaan

Jakarta Berbicara soal penuaan memang tidak ada habisnya. Penuaan merupakan salah satu hal yang paling ditakuti hampir sebagian besar perempuan. Terutama kini penuaan dapat terjadi lebih dini karena gaya hidup yang dijalani, efek radikal bebas, dan faktor perawatan kulit yang minim, sehingga flek hitam maupun kulit kendur cepat menyerang.

Topik ini pun sering menjadi rancu karena banyaknya informasi yang masuk dan tidak berdasarkan fakta yang ada. Dilansir dari getthegloss, dermatologis Dr. Samantha Bunting akhirnya menjelaskan beberapa hal yang penting untuk diketahui terkait dengan hal anti-penuaan.

MITOS 1: Air adalah obat mujarab untuk awet muda

SALAH : Kenapa? Karena jika kulit tidak diberikan elemen lain untuk mengunci kelembaban seperti ceramides, essential fatty acids, dan bahan pelembab natural lainnya, kulit tidak akan terhidrasi dengan baik.

MITOS 2: Semakin cepat Anda menggunakan produk anti penuaan, semakin baik

BENAR: Prevention is better than cure. Jadi, jika tidak ingin mengalami penuaan dini, lakukan perawatan yang menjaga kesehatan kullit, seperti teratur menggunakan sunscreen sejak dini, rutin eksfoliasi agar proses peremajaan kulit berjalan dengan baik dan mulai gunakan produk anti-aging seperti IASO Mini Progressive Age Care Emulsion sekitar umur 25. Namun ini tidak berlaku sama untuk setiap orang tergantung kondisi kulit dan gaya hidup masing-masing. Perlu diingat bahwa Anda terekpos sinar matahari paling banyak adalah ketika Anda berumur dibawah 18 tahun, sehingga perlu untuk memakai sunscreen sejak dini agar terhindar dari flek hitam dan kanker kulit dan beri kulit nutrisi yang dibutuhkan dengan pelembap atau serum yang sesuai.

MITOS 3: Penuaan terjadi tergantung dari faktor genetik

BENAR: Memang gen juga berperan dalam penuaan yang terjadi pada kulit. Namun, gaya hidup, dan faktor lingkungan seperti polusi mempengaruhi efek penuaan hingga 90%

MITOS 4: Semakin mahal produk anti penuaan yang digunakan, semakin efektif produk itu untuk kulit 

SALAH: Banyak produk yang berharga IDR 1juta ke atas namun tidak efektif pada sebagian orang. Produk mahal juga terkadang tidak memiliki bahan aktif (niacianamide, lactic dan glycolic acid, retinol, dan retinaldehyde) yang se-efektif produk menengah. Kuncinya terletak pada pemilihan serum yang tepat untuk kulit anda dan rutin dalam pemakaiannya diikuti dengan ritual kecantikan lainnya yang mendukung.

Rekomendasi kami: philosophy when hope is not enough omega 3-6-9

MITOS 5: Kerutan tercipta karena wajah yang suka cemberut dan tersenyum

BENAR: Pergerakan wajah tertentu seperti cemberut dan tersenyum dalam intensitas tertentu memang dapat mengakibatkan kerutan, terutama pada bagian atas wajah Anda. Namun jangan lantas Anda jadi malas berekspresi. Lakukan senam wajah dan beri pijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah. Lakukan masker kolagen dengan rutin.

Rekomendasi kami: Etude House I Need You Collagen Mask

Artikel Oleh: Natalia Lionardi, Beauty Journal Sociolla 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading