Sukses

Beauty

Lima Makanan Fermentasi untuk Atasi Masalah Tulang Belakang

Jakarta Memiliki tubuh yang langsing dan sehat membutuhkan perjuangan. Entah dengan berolahraga atau mengonsumsi makanan sehat, semua harus dilakukan dengan sikap disiplin. Soal makanan, banyak yang menganggap remeh makanan fermentasi, yang ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Tak ada yang tahu bukan tempe, yoghurt, dan acar ternyata punya andil besar untuk meredakan nyeri punggung? Ini faktanya. Makanan fermentasi itu kaya akan bakteri probiotik yang dapat mencegah infeksi dan menghilangkan kembung yang terjadi pada usus besar. Bisa juga mengatasi masalah sembelit. Coba ingat berapa kali akhirnya kamu memutuskan untuk mengonsumsi yoghurt di kala susah buang air besar melanda?

Hubungannya? Masalah pencernaan itu adalah penyebab utama terjadinya nyeri punggung pada seseorang. Oleh karena itu, mulai sekarang konsumsilah banyak-banyak makanan fermentasi yang kaya akan vitamin C, asam folat, dan enzim. Bahkan jebolan American Idol Jordin Sparks rajin mengonsumsi makanan fermentasi untuk membantu menurunkan berat badannya secara alami.

Tapi bosan mengonsumsi  tempe atau yoghurt? Coba 5 makanan fermentasi pilihan FIMELA.com ini.

Kimchi

Bagi penggemar makanan Korea, kimchi menjadi makanan pendamping wajib yang harus ada di meja, bukan? Rasanya unik, mirip dengan asinan kota Jakarta. Makanan ini bisa tahan hingga berminggu-minggu setelah melewati proses fermentasi 1-5 hari.

Kombucha

Merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh, gula, dan ragi. Selain bagus untuk pencernaan, kombucha juga dapat mencegah kanker.

Sauerkraut

Makanan fermentasi asli Eropa yang nggak lain adalah kol yang dipotong halus-halus lalu dicampur dengan garam sebelum dimasukkan ke dalam toples dan didiamkan selama beberapa hari di suhu ruangan sedang. Katanya, makanan ini paling bagus untuk melancarkan proses BAB, lho.

Kefir

Rasanya memang mirip yoghurt. Terbuat dari susu dan butiran kefir (yang terdiri dari campuran ragi, gula, garam, protein, dan bakteri). Paling baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta lansia.

Sake

Ini adalah minuman pengganti jenis minuman beralkohol lain yang minim manfaat. Sake terbuat dari beras yang sudah difermentasikan. Kalau ingin kulit mulus dan bebas jerawat, lebih baik mengonsumsi sake daripada alkohol lain yang bisa bikin perut jadi buncit. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading