Sukses

Beauty

Penyebab Bekas Jerawat Menjadi Bopeng dan Bolong

Fimela.com, Jakarta Masalah jerawat telah menjadi permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak perempuan. Terutama luka bekas jerawat yang kerap kali mengganggu penampilanmu.

Luka bekas jerawat biasanya membuat wajah tampak kusam, kemerahan atau memiliki tekstur. dr Shinta Damayanti, SpKK dari Erha Clinic menyampaikan, pada dasarnya jerawat adalah penyakit peradangan kronis pada pori-pori folikel rambut yang tersumbat dan sering ditandai dengan terbentuknya beberapa kondisi seperti komedo, papul, dan nodul.

Masalah jerawat yang sering terjadi pada umumnya berjenis akne vulgaris yang retan dialami dialami oleh pria dan perempuan di masa remaja atau masa pubertas.

"Pertumbuhan jerawat saat remaja itu, membuat banyak orang untuk tidak melakukan perawatan maksimal," ujar dr. Shinta di Erha Clinic, beberapa waktu lalu.

Padaha, dr. Shita mengatakan jerawat sebaiknya segara diobati atau ditangani. Sebab jika tidak, jerawat akan berkembang dalam jangka panjang dan meninggalkan luka bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

 

Luka bekas jerawat

Luka bekas jerawat timbul seperti bopeng atau skar. dr. Shinta menuturkan jika kedua masalah akibat jerawat terjadi akibat kerusakan jaringan kulit dari masalah jerawat non-inflamasi maupun inflamasi setelah proses penyembuhan terjadi.

Terdapat dua macam tipe dasar bekas jerawat, yaitu parut atrofi yang terdiri dari ice pick scar, rollig scar dan boxcar serta parut hipertrofik dan keloid.

"Skar jerawat biasanya berupa lekukan dangkal di kulit seperti kawah, ada yang berukuran kecil, sedang, hingga besar. Kulit tampak bolong sehingga permukaan kulit terlihat tidak mulus. Ini biasanya muncul ketika proses di kulit terjadi hingga lapisan dermis kulit," tambahnya.

Bila sudah terjadi seperti itu, tidak dapat menggunakan skincare atau topikal. Namun, menyamarkan bekas luka jerawat salah satunya dapat menggunakann auto microneedle atau microneedle RF.

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading