Sukses

Beauty

Sahur dengan 5 Jenis Makanan Ini, Bisa Lebih Tahan Lapar

Jakarta Bulan Ramadhan adalah bulan suci di mana setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa. Makna puasa secara dasar adalah menahan diri dari rasa lapar dan haus. Terkait dengan makanan, ada beberapa hal yang diketahui tentang jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika hendak menjalani ibadah puasa. Dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan yang tepat, ternyata kita nggak perlu makan dalam porsi yang banyak lho.

Berikut beberapa pilihan makanan yang bisa kamu tambahkan dalam menu wajib hidangan saat sahur. Selain menyehatkan, 5 jenis tambahan hidangan sahur ini juga bisa mengenyangkan saat menjalani puasa seharian. Jadi bisa lebih membantu menahan lapar.

Telur

Ternyata ada alasan khusus kenapa banyak orang memilih telur untuk sarapan mulai dari telur rebus, dadar, sampai telur setengah matang. Jawabannya? Telur dapat mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama. Berdasarkan penelitian Pennington Biomedical Research Center, telur dapat menekan ghrelin, hormon yang merangsang otak untuk merasa lapar dan memiliki keinginan makan. Kandungan telur yang terdiri dari protein dan lemak bikin kita punya tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari.
 

image window: Coco Rocha for Elle

Next

Sop

Sop jadi salah satu menu sahur yang bisa menahan rasa lapar. Sop mengandung air dan serat dari sayuran yang memiliki pengaruh besar pada sistem pencernaan dan dapat menahan lapar. Selain itu, ternyata menghirup kuah sop dengan suhu yang masih panas dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Jadi sangat bermanfaat mengonsumsi makanan ini untuk kamu yang sedang mengontrol pola makan berlebih saat sahur.

Next

Alpukat

Mau dimakan langsung atau di jus, alpukat selalu enak. Ternyata nggak cuma enak saja, alpukat juga dapat menahan lapar. Buah ini mengandung serat dan lemak sehat yang memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna. Lalu, lemak sehat ini juga merangsang otak untuk membuat perut tetap merasa kenyang. Tertarik untuk mencoba sebagai dessert saat sahur?
 

Next

Whole Grain

Gandum yang kaya karbohidrat kompleks melepaskan glukosa perlahan untuk dicerna. Glukosa ini berfungsi menjaga kadar gula darah dan mengontrol keinginan kita untuk makan. Jadi makan sereal atau roti gandum saat sahur sangat dianjurkan, karena membuat kenyang!
 

Next

Buah-buahan

Buah juga memiliki peran penting dalam menu sahur berpuasa. Buah memiliki asupan serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah tenaga. Jumlah serat yang cukup tinggi pada buah juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh kita, Fimelova. Pilihlah buah yang mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu pembentukan karbohidrat sebagai energi sehingga tubuh tetap bugar lebih lama, seperti apel, anggur, pir, dan buah naga merah. Tak hanya baik untuk kesehatan, buah juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Kamu bisa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jambu biji, jeruk, dan red pomegranate. Beberapa pilihan buah tersebut dapat membantu menjaga kolagen dalam tubuh. Hingga kulit tetap terasa lembab dan terhindar dari dehidrasi.
 
Dari kelima pilihan tambahan makanan di atas, sudah tahu ingin mengonsumsi makanan apa untuk menu sahur puasa esok hari? Terakhir, jangan lupa untuk minum air putih secukupnya. H2O yang terkandung dalam air putih nggak cuma berfungsi menjaga organ, jaringan, dan sistem pencernaan tapi juga menahan lapar. Sekarang sudah tahu rahasianya bisa menahan lapar seharian, kan. Sukses puasanya, Fimelova.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading