FASHION & STYLE

Fashion Spread: Inspirasi Ondel-Ondel di Koleksi Batik Perdana Adrian Gan

By Stanley Dirgapradja   -   22 Juni 2016

Kreasinya yang selalu menawarkan detail-detail istimewa menemukan penggemar dan pelanggan dari kalangan atas. Koleksi batik perdananya pun demikian.

Inspirasi ondel-ondel dengan tema warnanya yang cerah dan terang mampu menyatu dengan batik yang sudah memiliki corak begitu ramai. Fakta yang menyatakan bahwa batik begitu luwes untuk bisa bertahan di tengah kemajuan peradaban. Bertolak belakang dengan anggapan selama ini, bahwa batik susah dipadu padankan atau tak bisa dibuat apa-apa lagi. Diperlukan otak sekreatif Adrian Gan untuk menjawab keinginan batik bertransformasi menjadi sesuatu yang indah dan sophisticated.

Koleksi Ondel-Ondel Bohemian ini juga menunjukkan bahwa inspirasi-inspirasi yang beragam, bila diolah dengan tepat, bisa saja menyatu dengan serasi. Batik sogan yang cenderung kusam dikontraskan dengan warna-warna neon segar. Mengetuk jiwa. Era 70-an muncul dalam rupa siluet longgar yang edgy bak ondel-ondel yang biasa kita lihat. Yang juga mencuri perhatian, sebagian atasan dibuat dari material kulit yang dicelup dengan pewarna lalu dijalin jadi satu.

Ondel-ondel cantik fashionable, dalam segala dimensinya yang baru dan segar. Cukup relevan bila foto-foto yang diambil dari majalah cetak FIMELA edisi batik ini dirilis lagi di versi online. Sekaligus merayakan ulang tahun kota Jakarta ke-489 tahun ini. Menggunakan benang merah ondel-ondel memang cukup klise, tapi harapan agar Jakarta mampu menyatukan segala macam inspirasi dan perbedaan kultur tentu sebuah harapan yang baik. Dan bisa dinyatakan dalam bentuk koleksi fashion yang juga mengangkat spirit yang sama? Sebuah harapan baik yang chic, bukan?

fotografer: Ryan Tandya

Editor: Jessica Esther

Ondel-Ondel Bohemian, Adrian Gan

Ondel-Ondel Bohemian, Adrian Gan
1 of 7

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss

Kuncinya, pilih sweater dengan siluet yang beda dan berani.
Tidak hanya cantik, semua pakaiannya ramah lingkungan
Karlie Kloss apologizing for cultural appropriation