Sukses

Fashion

Penampilan Berotot Makin Banyak Dipilih Perempuan Modern

Jakarta Definisi cantik semakin bergeser dari masa ke masa. Kalau dulu perempuan bertubuh berisi dianggap satu-satunya yang bisa mendefinisikan kata cantik, kini justru semakin banyak perempuan tidak takut tampil berotot. Fenomena ini tergambar dari dunia hiburan dimana penampilan yang terus berubah ada di dalamnya. Coba lihat Agnes Monica yang semakin berotot akhir-akhir ini. Dengan tubuhnya begitu kekar, dia nampak begitu bugar, sehat dan kuat. Penampilannya membuat siapapun yang mungkin rajin berolahraga tapi tidak (atau belum) memiliki tubuh dengan bentuk seperti itu. 

Penyanyi yang beken dengan peran Dini dalam sinetron Pernikahan Dini ini termasuk selebriti yang suka tampil dengan bentuk tubuh yang terus berubah-ubah. Tubunya sempat begitu padat, lalu kurus, merilis album barunya dengan tubuh sedikit berotot dan sekarang memiliki tubuh yang cukup kering dan sangat berotot. Lalu ada Sarah Jessica Parker dan Anna Wintour yang juga memilih penampilan yang berotot. Rutinitas berolahraga membuat Sarah Jessica Parker dan Anna Wintour memiliki bentuk tangan cukup kekar, bila dibandingkan perempuan-perempuan kebanyakan yang seusia mereka.

Lalu ada suatu masa dimana penampilan super kurus atau skinny juga menjadi trend. Selebriti seperti Victoria Beckham dan kebanyakan model di runway adalah contoh mereka yang sering tampil super kurus dan skinny. Biasanya mereka menjalani berbagai jenis diet agar penampilan rampingnya tetap terjaga. Tidak jarang, pada selebriti juga menderita gangguan makan seperti anorexia dan bulimia demi tampil sempurna.

Hal ini mencerminkan industri hiburan adalah lahan kerja yang penuh tuntutan. Mengurangi atau menambah berat badan demi sebuah peran sudah lumrah dilakukan atas nama profesionalisme. Kalau melihat ke belakang, nyaris tidak ada selebriti di dekade 1990an yang benar-benar kurus. Rasanya hampir semua perempuan di industri hiburan, memiliki tubuh yang cukup berisi. Pada masa itu belum ada berbagai jenis diet yang kini begitu populer, tak ada minuman-minuman sehat di dalam gelas cantik yang kemudian di-upload ke Instagram, segala macam juice sehat, belum ada kegilaan akan TRX, pilates atau yoga yang prestisius. Drew Barrymore, Jennifer Anniston, Sandra Bullock, Kate Winslet, Rachel Weisz dan Meryl Streep adalah sebagaian selebriti yang tetap tampil dengan tubuh seperti ini hingga sekarang. Tubuh mereka seperti tubuh perempuan kebanyakan.

Fenomena ini memunculkan anggapan bahwa manusia modern memiliki obsesi dengan otot. Manusia yang takut dengan apa yang mereka makan, yang menjaga benar-benar apa yang masuk ke tubuh mereka. Menjadi bugar dan berotot adalah pilihan masing-masing manusia.

Hal ini juga menyebabkan definisi cantik menjadi semakin rancu pada zaman sekarang. Mau penampilan cantik seperti apa sangat tergantung pada si pemilik tubuh. Apapun pilihanmu, berolahraga atau tidak, berotot atau tidak, mudah-mudahan tubuh yang hanya kita miliki sekali dalam hidup ini benar-benar hidup yang seutuhnya, bukan diforsir untuk berolahraga. 

mybmw.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading