FASHION & STYLE

Do You Know: Brand TOME Rela Tunggu 13 Tahun Sebelum Rilis Koleksi Perdana

By Wisnu Genu   -   10 Januari 2017

Desain minimalis yang elegan terpancar jelas dari koleksi Tome yang digawangi oleh dua orang laki-laki dengan paras mirip ini.

Bertemu saat berumur 19 dan kuliah fashion di Sydney, Ramon Martin dan Ryan Lobo akhirnya memperkenalkan label mereka pada tahun 2010, setelah 13 tahun menunggu kelulusan mereka untuk meluncurkan Tome ke dunia fashion. Lobo yang sudah dikenal sebagai stylist ternama di Australia sementara Martin pernah menjadi design director di Derek Lam dan karya-karya desainnya untuk Alberta Ferretti, Gaultier dan J Mendel.

Kemunculan Tome memakan kurang lebih 13 tahun untuk menggabungkan kesamaan rasa dan sudut pandang serta keberanian untuk mendesain label mereka sendiri. Setelah akhirnya brand under the radar ini menjadi in the spotlight berkat nominasi CFDA Award bersamaan dengan Vogue Fashion Fund fall 2012 yang akhirnya membuat popularitas Tome meroket dan ikut masuk dalam kalender resmi Fashion Week.

 

Pada tahun 2013 Tome resmi merilis koleksi perdananya pada New York Fashion Week untuk koleksi musim gugur 2013. Koleksi yang terinspirasi dari Georgia O’Keeffe, salah seorang seniman Amerika yang dikenal dengan sebutan “Mother of American Moderenism”, dimana Martin mengubah beberapa potong pakaian dan menggabungkannya dengan tampilan monastik dari lemari O’Keeffe sendiri dengan bauran bahan wool, suede dan shearling nuansa dan tekstur coklat padang pasir.

Martin dan Lobo mengaku punya banyak idola yang menginspirasi dalam mendesain. Sebut saja Rei Kawakubo, Dries Van Noten, Azzedine Alaïa. Bukan hanya apa yang mereka buat tapi pengembangan yang mereka lakukan sendiri, menurut Martin. Berbeda dengan Martin, Lobo mengidolakan top 5 desainer perempuan tangguh versinya: Miuccia Prada, Stella McCartney, Phoebe Philo untuk Celine, Olsens Twin untuk The Row and Victoria Beckham. “Perempuan mendesain baju untuk perempuan seperti Donna Karan di hari-harinya. Juga Coco Chanel!” ungkap Lobo. 

Sekarang, penggemar dan pecinta Tome lebih banyak dari kalangan high-fashion seperti bintang street style sampai fashion blogger ternama dunia. Sebut saja Margaret Zhang, Sara Donaldson of Harper and Harley, sampai Talisa Sutton.

What do you think?

Write Your Comment

Articles you might be interested in

You don't want to Miss

Hasil pengamatan FIMELA dari insta story Chiarra Ferragni.
Hyper real world, unta di tengah New York oleh Kate Spade
Osman, a good choice for a fashionable lady boss look!