Sukses

Fashion

7 Trik Kaki Tetap Nyaman Meski Pakai High Heels Seharian

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan pastinya pernah menggunakan high heels ketika mendatangi suatu acara ataupun saat kesempatan-kesempatan lainnya. Dengan memakan high heels, kaki perempuan akan terlihat lebih jenjang dan penampilannya akan menjadi lebih anggun dan elegan. 

Sayangnya, bagi beberapa perempuan, menggunakan high heels dalam waktu yang lama membuat kakinya tidak nyaman dan merasa hal itu adalah hal yang sangat menyiksa. Seharian mengenakan sepatu high heels bisa menimbulkan masalah atau penyakit kaki yang serius. 

Bukan hanya membuat kaki sakit dan pegal, menggunakan high heels dalam waktu yang lama juga bisa menimbulkan lecet pada kaki yang memperburuk penampilan dan membuat kaki tidak nyaman. 

Dilansir dari whowhatwear.com pada Kamis (5/8), terdapat 7 trik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari permasalahan tersebut dan bisa tetap nyaman menggunakan high heels meski dalam waktu yang lama atau seharian. 

Apa saja 7 trik tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Gunakan plester di area atas tumit

Hal ini bisa kamu lakukan jika kakimu sering lecet ketika menggunakan high heels. Pastinya setiap perempuan pernah merasakan lecet di bagian belakang kaki saat menggunakan high heels yang baru dibeli. 

Maka dari itu, selalu sediakan plester untuk digunakan pada bagian belakang kaki, tepatnya di atas tumit untuk menghindari lecet dan membuatmu lebih nyaman ketika menggunakan high heels seharian. 

Rekatkan jari tengah dan jari manis dengan plester

Ketika menggunakan high heels, terutama high heels yang bagian depannya runcing akan sangat menyakitkan jika dipakai seharian. Sepatu ini jika digunakan terlalu lama akan berdampak buruk pula bagi kesehatan. 

Dilansir dari whowhatwear.com, cara ini digunakan untuk menambahkan stabilitas pada kaki serta mengurangi rasa sakit akibat tekanan yang ditimbulkan dari telapak kaki. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi risiko bahaya kesehatan pada saraf dan ligamen pada kaki.

Gunakan ekstra shoes pad pada bagian tumit

Menggunakan ekstra shoes pad ketika menggunakan high heels sangat disarankan oleh para desainer sepatu. Hal ini dikarenakan ekstra shoes pad dapat membantu mengurangi rasa sakit pada bagian tumit. 

Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan ekstra shoes pad, saat membeli sepatu high heels, pilihlah sepatu yang memiliki shoes pad pada bagian tumit yang memiliki isi padat dan lembut di dalamnya. 

Sediakan insole sepatu

Jika kamu ingin menggunakan sepatu hak tinggi dengan jenis stiletto untuk waktu yang lama, atau seharian penuh, sebaiknya sediakan insole sepatu sebelum kamu memakainya agar kamu bisa lebih nyaman dalam penggunaannya. 

Insole ini memiliki bahan yang empuk dan membuat kaki penggunanya jadi ekstra nyaman. Hal ini juga dikarenakan insole sepatu memiliki bentuk yang fleksibel mengikuti lekukan kaki. Penggunaan insole sepatu pada heels juga dapat mengurangi risiko nyeri pada pinggang maupun sakit di bagian lutut saat terlalu lama digunakan. 

Namun, jika kamu tidak memiliki insole sepatu, gunakan sepatu high heels dengan sol yang tebal, ya.

Oleskan petroleum jelly pada kaki

Sesaat sebelum kamu menggunakan high heels, oleskan petroleum jelly pada bagian tumit, telapak kaki, pergelangan kaki, serta punggung kaki agar membuat kakimu tetap lembap, menghindari kelecetan setelah seharian memakai high heels, serta mencegah gesekan kasar antara kulit dan sepatu.

Namun, karena bahan dari petroleum jelly ini yang licin dan cenderung berminyak, setelah kamu menggunakannya, tunggu dulu hingga menyerap agar bagian kaki yang diolesi petroleum jelly tidak licin dan berminyak

Berjalan dengan langkah kecil dan tidak terburu-buru

Berjalan dengan tenang dan tidak terburu-buru akan membuat kamu lebih seimbang dan nyaman ketika menggunakan high heels dalam waktu yang lama. Selain membuatmu nyaman, berjalan dengan langkah kecil dan tidak terburu-buru juga tidak akan membuatmu lelah setelah seharian memakai high heels. 

Langkah kecil itu bukan seperti baby steps, melainkan tidak menggunakan langkah panjang seperti kamu berjalan saat tidak menggunakan sepatu high heels.

Pastikan sepatumu muat

Ketika menggunakan high heels, pastikan ukuran sepatumu pas agar tidak menyulitkan kamu ketika berjalan. Jika sepatumu kekecilan, pastinya kamu akan tidak nyaman dalam menggunakannya untuk waktu yang lama. 

Sama halnya jika sepatumu kebesaran, kakimu akan lebih berpotensi lecet karena terjadinya gesekan-gesekan yang berlangsung selama seharian ketika kamu menggunakannya. 

Untuk sepatu yang baru dibeli, biasanya kakimu akan lebih sering lecet karena bentuknya masih kaku dan sempit karena belum pernah digunakan. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan hair dryer dan kaos kaki untuk mengatasi hal itu. Panas dari hair dryer akan membuat sepatu yang baru menjadi lebih melar, jadi bisa pas untuk kakimu. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading