Sukses

Food

5 Alasan Minyak Goreng Sebaiknya Tidak Digunakan Berulang

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama setiap orang. Hampir di semua dapur selalu terdapat minyak goreng. Walau minyak goreng harganya lebih mahal, minyak goreng tetap diburu. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng akan memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lezat. Masakan yang dimasak dengan cara digoreng juga dinilai lebih menggugah selera. 

Saat menggoreng makanan, sebaiknya gunakan minyak goreng yang baru. Minyak goreng ini pun tak boleh digunakan berulang kali apalagi jika lebih dari tiga kali. Minyak goreng bekas atau jelantah dengan warna yang kusam bahkan menghitam, sebaiknya tidak lagi digunakan. Kenapa? 

Sumber Radikal Bebas

Alasan pertama minyak goreng tidak boleh digunakan berulang adalah minyak goreng bisa jadi sumber radikal bebas. Minyak goreng sebenarnya tersusun dari beberapa lemak tak jenuh. Tapi, ketika minyak goreng dipanaskan berulang, ini bisa mengubah lemak tak jenuh menjadi lemak jenuh. Ini juga bisa menjadi sumber radikal bebas yang sangat berbahaya buat kesehatan.

Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Minyak bekas yang digunakan berulang kali dan telah berubah warna memicu menyebabkan sakit tenggorokan. Minyak yang digunakan untuk menggoreng berulang kali berpotensi menjadi lebih kotor. Inilah yang kemudian membuatnya menyebabkan sakit tenggorokan, batuk dan masalah saluran pernafasan lain.

Bikin Pembuluh Darah Tersumbat

Minyak bekas yang telah digunakan berulang meningkatkan risiko tersumbatnya pembuluh darah dalam tubuh. Saat pembuluh darah tersumbat, ini bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan seperti kanker, jantung, kolesterol hingga diabetes.

Kolesterol

Minyak goreng yang digunakan berulang kali memungkinkan minyak menjadi kotor dari sisa makanan sebelumnya. Sisa makanan inilah yang kemudian memicu kolesterol dan masalah kesehatan lain dalam tubuh. 

Berkembangnya Bakteri dan Jamur

Minyak jelantah atau minyak yang digunakan berulang kali berpootensi menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Beberapa bakteri dan jamur ini disinyalir sangat berbahaya untuk kesehatan. 

Berikut beberapa alasan kenapa minyak goreng tidak boleh digunakan secara berulang. Minyak goreng sebaiknya juga tidak dipanaskan dalam waktu yang sangat lama. Yuk Sahabat Fimela, semakin bijak dalam menggunakan aneka bahan makanan di rumah khususnya minyak goreng. Demi kesehatan kita dan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading