Sukses

Health

3 Alasan Kamu Tidak Enak Badan selama Naik Pesawat

Fimela.com, Jakarta Pengalaman mabuk naik pesawat mungkin tidak selalu dialami semua orang, beberapa orang mungkin baru pertama kali merasakan sensasi naik pesawat kemudian kaget dengan rasa tidak enak badan yang datang secara tiba-tiba. Perasaan tidak nyaman ini pasti akan sangat mengganggu, apalagi jika harus menempuh perjalanan panjang.

Tidak enak badan selama terbang ini sebenarnya memiliki dasar ilmiah yang bisa dijelaskan dan sangat wajar terjadi.  Lalu apa saja sebenarnya alasan tidak enak badan selama perjalanan naik pesawat dan bentuk ketidaknyamanan seperti apa yang mungkin dialami? Yuk simak satu per satu.

 

1. Pesawat memiliki kadar oksigen yang lebih rendah

Saat pesawat terbang di udara, udara yang mengalir melalui mesin akan disedot masuk, kemudian mengalami proses kompresi terlebih dahulu kemudian diproses pendinginan, penyaringan, dan baru dipompa ke dalam kabin. Namun, semakin tinggi pesawat naik ke udara, semakin sedikit jumlah oksigennya, ketika udara itu disedot ke dalam kabin, secara alami tubuh juga akan menghirup udara dengan oksigen yang lebih sedikit, kurangnya oksigen yang diterima tubuh seringkali membuat kamu merasa pusing, mual hingga muntah.

2. Tekanan udara dan ketinggian yang berbeda

Tekanan udara saat di angkasa sangat tinggi dan hal ini dapat membuatmu merasa pening, selain karena jumlah oksigen yang sedikit. Ketinggian yang mencapai ribuan kaki di atas udara mampu menekan udara di dalam telinga. Tekanan udara ini bisa sangat berpengaruh pada kestabilan sirkulasi darah dan cukup berbahaya untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung. Itulah mengapa cukup banyak persyaratan keamanan dan keselamatan yang perlu dipenuhi penumpang sebelum diperbolehkan naik pesawat.

3. Persepsi yang tak sama pada sistem saraf

Gejala mabuk perjalanan muncul ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dari sistem sensorik seperti telinga bagian dalam, mata, reseptor tekanan kulit, dan reseptor sensorik otot dan sendi. Sebagai contoh, jika kamu duduk di kursi pesawat bagian dalam tidak melihat ke luar jendela, telinga bagian dalam merasakan gerakan ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan, tetapi mata tetap melihat pemandangan yang statis, seolah-olah tidak bergerak sama sekali. Konflik persepsi sistem saraf inilah yang juga mampu menimbulkan mual, pusing dan muntah. 

Jadi jika memang kamu tidak suka terbang dengan dua risiko tersebut, maka lebih baik mencari alat transportasi lain agar tetap merasa nyaman ya Sahabat Fimela. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading