Sukses

Health

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Tampak Lebih Tua

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia tidak bisa ditolak. Setiap tahunnya kita akan bertambah tua. Namun, rasanya agak sedih juga bila banyak orang yang menyangka kita lebih tua dari usia sebenarnya. Kadang karena sejumlah kebiasaan buruk, wajah kita bisa tampak lebih tua.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kita tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Melansir laman timesofindia.indiatimes.com, kebiasaan-kebiasaan yang seperti ini sebaiknya dihindari jika tidak ingin kelihatan lebih tua. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi atau minum minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit. Selain itu, bisa menyebabkan inflamasi. Bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi alkohol bisa meningkatkan keriput wajah bagian atas dan mempertebal kantong mata.

2. Terus Terpaku pada Layar Gawai

Memang tidak mudah untuk beristirahat dari penggunaan gawai dalam keseharian, seperti ponsel. Namun, ada baiknya kita membuat jadwal istirahat atau jeda dari penggunaan gawai dengan rutin. Terlalu intens menggunakan gawai tiap hari bisa memicu paparan cahaya biru yang berlebihan, dan ini tidak baik untuk kesehatan kita.

3. Tidak Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sekitar 60% komposisi tubuh kita terdiri dari air. Sehingga sangat penting untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita. Jangan sampai dehidrasi, sebab dehidrasi bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti konstipasi, kondisi kulit yang buruk, hingga kulit kering. Kalau ingin kulit kita tampak bercahaya dan awet muda, mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan.

4. Merokok

Rokok mengandung sejumlah racun yang menurunkan sirkulasi oksigen dan beberapa nutrisi vital yang ada di kulit. Bahkan merokok bisa membuat kulit kita tidak bisa memproduksi sel-sel baru, sehingga ktia bisa tampak lebih cepat tua kalau punya kebiasaan merokok.

5. Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Kolagen dan elastin adalah dua kandungan utama yang ada di kulit yang berfungsi utnuk menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan awet muda. Saat konsumsi gula berlebihan, asam amino di kolagen dan elastin bisa terganggu dan menghambat proses perbaikan alami tubuh.

Stres dan kurang tidur juga bisa menyebabkan penuaan dini. Jadi, tetap usahakan untuk bisa mendapat tidur cukup dan punya kemampuan mengelola stres yang baik ya agar tetap awet muda.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading