Sukses

Health

3 Hal yang Bisa Membantumu Meningkatkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan mental juga hal yang harus dipenuhi di tempat kerja, di mana kamu memiliki banyak hal yang harus diselesaikan. Banyaknya pekerjaan terkadang mengganggu kesehatan mental dan kamu menjadi tidak memiliki waktu untuk memeriksa atau memperhatikannya.

Rasa lelah ini nyata dan semakin terasa di masa pandemi ini. Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantumu meningkatkan kesehatan mental di tempat kerja, penasaran?

1. Jangan meremehkan waktu istirahat kerja, walaupun hanya sebentar

Luangkan waktu sebentar, walaupun hanya 5 menit untuk beristirahat dari pekerjaan. Ini bisa memberi manfaat besar bagi kesehatan mental. Bertukar pesan dengan orang lain, walaupun hanya 5 menit, bekerja seperti makanan dan minuman untuk otak, yang memberikan dorongan langsung kepada suasana hati, dan seiring waktu bisa memperkuat hubungan. Waktu istirahat tidak hanya mengurangi depresi dan kecemasan, tapi juga meningkatkan harga diri sehari-hari, terutama jika kamu memilih menggunakan waktu dengan mendengarkan lagu yang optimis.

 

2. Bergerak

Beberapa tantangan kesehatan mental memang lebih kompleks untuk dipecahkan dan munculnya secara tidak terduga. Seperti email tidak menyenangkan dari atasan, pertemuan mendadak, atau rasa kewalahan karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai.

Cara mengatasinya adalah dengan bergerak, seperti jalan cepat atau menari di tempat. Bergerak adalah salah satu cara paling ampuh untuk memindahkan emosi negatif ke seluruh tubuh dan mengatur ulang. Anggap saja seperti meditasi tapi dengan bergerak, meringankan respon melawan atau lari, tapi juga memberikan kejelasan pada ketegangan dan kejengkelan sehari-hari, sehingga kamu bisa melepaskan segala sesuatunya dengan lebih mudah.

 

3. Melihat gambaran yang lebih besar

Saat bicara tentang kesehatan mental di tempat kerja, hal-hal kecil bisa berdampak buruk. Di sinilah kamu bertanya pada diri sendiri serangkaian pertanyaan yang bisa membantu meningkatkan pandangan dan suasana hati tentang pekerjaan itu sendiri. Setelah kamu memusatkan perhatian pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, tuliskan, jadi kamu bisa sewaktu-waktu menemukan alasan mengapa kamu melakukan pekerjaan tersebut.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading