Sukses

Health

5 Cara Meredakan Dahak di Tenggorokan yang Menggangu secara Alami

Fimela.com, Jakarta Dahak biasanya keluar saat batuk. Sangat mengganggu dan membuatmu merasa tidak nyaman. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Berdahak seringkali menimbulkan kekhawatiran berlebih.

Kadang minum obat batuk saja tidak cukup untuk meredakan dahak. Nah, tahukah Sahabat Fimela ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan dahak. Apa saja? Yuk, simak penjelasan dari Fimela berikut ini.

Makan Makanan Berkuah Hangat

Makanan berkuah hangat ternyata membantu meredakan dahak. Misalnya sup ayam. Tak hanya mengahangatkan badan, makan makanan berkuah hangat ini bisa menjadi pilihan untuk mengeluarkan dahak. Kamu juga bisa menghirup kuah hangat ini untuk melegakan pernapasan.

Kumur dengan Air Garam

Air hangat dapat membantu mengurangi dahak. Caranya sangat mudah, siapkan secangkir air hangat dan satu sendok teh garam. Aduk hingga merata. Gunakan air garam ini untuk berkumur, selama 30 detik. Ulangi cara ini sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya dahak yang berkurang, cara ini juga bisa meredakan radang di tenggorokan.

Hirup Uap Hangat

Gunakan alat pelembap ruangan untuk meredakan dahak. Cara ini bisa membantu melegakan pernapasan sekaligus mengencerkan dahak yang menggangu. Tak hanya itu kamu juga bisa menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk mendapatkan efek yang sama.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih memang terkesan sepele, namun juga efektif mengurangi dahak. Jika kamu batuk, sebaiknya minum air putih yang banyak terutama air hangat. Kamu juga bisa mencampurkan dengan jeruk nipis.

Air Lemon dan Madu

 Perpaduan air lemon dan madu adalah kombinasi yang tepat untuk meredakan dahak. Campur air lemon, madu, dan air hangat. Tak hanya meredakan dahak, ramuan ini juga berfungsi sebagai obat batuk.

Menjaga kondisi tubuh tetap sehat terutama di masa pandemi seperti sekarang sangat penting. Jika kondisimu semakin parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Semoga tips ini membantu, ya. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading