Sukses

Health

Menahan Kencing Terlalu Sering Bisa Menyebabkan Risiko Batu Ginjal

Fimela.com, Jakarta Buang air kecil merupakan aktivitas yang penting bagi tubuh untuk mengeluarkan racun dan kelebihan cairan dalam tubuh. Saking pentingnya, akan sangat berbahaya jika kamu menahan kecing terlalu lama dan terlalu sering. 

Menahan kencing terlalu lama bisa membuat kandung kemih meregang lebih besar. Umumnya orang dewasa bisa menampung sekitar 450 ml urine dalam kandung kemihnya. Sedangkan anak-anak di bawah usia 2 tahun bisa menahan sekitar 113 ml urine. Jika urine tidak dikeluarkan saat telah penuh, ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Menahan Kencing Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Melansir dari laman health.com, menahan kencing terlalu lama yang menyebabkan kandung kemih menampung urine telalu banyak atau melebihi yang seharusnya bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Batu ginjal adalah batu yang terbentuk di ginjal akibat kelebihan natrium dan kalsium. 

Umumnya, batu yang terbentuk berukuran kecil dan ikut terbuang bersama urine. Tapi ketika kamu sering menahan kencing, ini bisa menyebabkan batu ginjal tertahan dan membentuk batu yang besar. Batu yang lebih besar akan sulit dibuang bersama urine dan bahkan menyumbat saluran kemih. Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan terutama kesehatan saluran kemih dan ginjal.

Infeksi Saluran Kemih Sebagai Akibat Sering Menahan Kencing

Penyakit paling umum yang terjadi karena kebiasaan menahan kencing adalah infeksi slauran kemih. Tak hanya infeksi saja, menahan kencing juga bisa menyebabkan pembengkakan kandung kemih hingga berisiko meningkatkan rasa sakit di pinggang. 

Penelitian menemukan jika menahan kencing bisa membuat nyeri pinggang hebat. Ini terjadi karena saat menahan kencing, otot sekitar kemih dan perut akan bekerja ekstra lebih. Ini juga memungkinkan pinggang teras sakit sebagai akibat menegangnya otot sekitar kemih dan perut. 

Mengingat aktivitas menahan kencing sangat berbahaya, pastikan untuk menghindari kebiasaan ini. Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh demi mendapatkan aktivitas kencing atau buang air kecil yang lebih lancar setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading