Sukses

Health

Studi Baru, Olahraga Selama 15 Menit dapat Memperbaiki Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Melatih kebugaran tidak hanya membantu memperbaiki kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh merek perlengkapan olahraga asal Jepang, ASICS.

Dalam sebuah penelitian perdana ASICS yang berjudul Global State of Mind Index (SOMI), ditemukan adanya hubungan positif langsung antara olahraga dan kesehatan mental. SOMI merupakan studi global pertama yang melacak kondisi mental 37.000 orang dari 16 negara di seluruh dunia.

Pada studi ini ditemukan bahwa orang yang paling banyak bergerak memiliki State of Mind Index yang lebih tinggi. Individu yang aktif bergerak memiliki skor State of Mind Index rata-rata 68/100, dibandingkan dengan 56/100 untuk mereka yang tidak aktif.

Efek Olahraga selama 15 Menit

Menariknya, penelitian ini juga menemukan fakta baru terkait hubungan olahraga dengan kesehatan mental. Jika persepsi global mengungkapkan bahwa 30 menit adalah sebagai jumlah waktu minimum latihan yang diperlukan untuk merasakan dampak bergerak yang membangkitkan semangat.

Sedangkan penelitian ASICS membuktikan bahwa hanya dalam waktu 15 menit dan 9 detik bergerak yang diperlukan untuk mulai merasa efek meningkatkan perasaan dan suasana hati.

“Ada persepsi umum bahwa kamu perlu bergerak dalam waktu lama untuk merasakan manfaat yang membangkitkan semangat. Namun, penelitian baru kami membuktikan hal ini tidak terjadi hanya lebih dari 15 menit gerakan sebenarnya,” ungkap Dr Brendon Stubbs, Peneliti Olahraga dan Kesehatan Mental, King’s College London, dalam diskusi virtual, Selasa (12/4/2022).

Kampanye Bergerak

Terinspirasi dari 15:09 tersebut, kini ASICS bertekad untuk membuat dunia bergerak dengan meluncurkan kampanye “15:09 Uplift Challenge”. Kampanye ini dimulai pada hari ini, (12/4) pada pukul 15:09 yang akan perdana dimulai oleh Brand Ambassador Uplift pada pukul 15:09.

Managing Executive Officer sekaligus Senior General Manager and Marketing ASICS, Tomoko Koda mengatakan 15:09 Uplift Challenge merupakan bentuk perayaan kepada generasi yang lebih tua dalam melakukan gerakan dan latihan, seperti yang diungkapkan oleh hasil penelitian State of Mind Index.

“Hasil State of Mind Index kami membuktikan betapa intrinsik hubungan antara gerakan teratur dan kesehatan mental yang positif, hasil tersebut juga menunjukkan potensi dampak sejumlah kecil gerakan dalam meningkatkan Keadaan Pikiran State of Mind) kolektif dunia. Tantangan 15:09 kami berangkat untuk melakukan hal itu, mengajak semua orang untuk bergerak dan dengan melakukan itu merasakan manfaat yang sangat penting itu (kesehatan mental) secara langsung,” ungkap Tomoko Koda.

ASICS juga mengajak semua orang untuk terlibat dengan mengambil bagian dalam tantangan 15:09 mereka sendiri sepanjang bulan Juni dengan bergerak selama 15:09 menit dan berbagi bagaimana mereka merasakan manfaatnya dengan menggunakan hashtag “#LiveUplifted.”

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading