Sukses

Health

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan untuk Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Menjalani kehidupan dengan segala hal tak terduga di dalamnya bisa sangat melelahkan, bukan hanya secara fisik tapi juga mental. Itulah mengapa setiap dari kita perlu menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri. Tapi bagaimana cara memulainya? Berikut ini beberapa cara menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri yang bisa dicoba.

1. Apresiasi diri sendiri

Banyak dari kita terjebak dalam pola pikir persaingan dan membandingkan diri sehingga lupa untuk mengapresiasi diri sendiri. Mengapresiasi diri sendiri bisa sesederhana memutuskan bahwa kamu layak dihargai. Berlatih berpikiran positif dan menyanjung pencapaian yang telah kamu lakukan. Bagaimana pun kamu tidak akan bisa menemukan kepuasan dengan melihat kehidupan orang lain.

2. Lebih banyak tersenyum

Jangan terlalu serius menjalani hidup. Ada banyak hal lucu dan menyenangkan di sekitar kita yang sebenarnya bisa membuat bahagia. Kehilangan selera humor adalah hal yang berbahaya, karena kamu akan cenderung melihat hal negatif dan buruk ketimbang yang baik. Jadi belajarlah menciptakan sudut pandang yang lebih santai, menemukan hal-hal lucu dan bisa menghiburmu. Dengan sendirinya kamu akan merasa lebih bahagia menjalani hidup.

3. Lebih sering bersyukur

Seringkali alasan yang membuat banyak orang tidak bahagia adalah kurangnya rasa syukur. Kita sering menginginkan hal yang lebih dari ini, lebih dari itu dan lain sebagainya. Kita tidak sadar ada banyak sekali hal kecil yang perlu disyukuri, sesederhana bisa melihat wajah kedua orangtua hari ini, menikmati sarapan yang lezat atau bisa bernapas dengan lega tanpa merasa hidung tersumbat di pagi hari.

4. Jalan-jalan keluar rumah

Orang-orang sering merasa stres dan berpikiran negatif jika terlalu lama berada di dalam rumah. Jadi cara terbaiknya adalah jalan-jalan keluar rumah. Melihat apa yang terjadi di sekitarmu, mendapatkan udara segar, menikmati sinar matahari, berinterasi dengan orang lain dan menyadari bahwa ada banyak hal yang ternyata bisa kamu syukuri selama ini. Sesederhana berputar mengelilingi jalanan perumahan bisa sangat menyenangkan lho.

5. Letakkan ponsel

Cara terbaik untuk menciptakan kebahagiaan yang sering kita lupa di zaman sekarang adalah puasa memegang handphone. Dengan segala sesuatu yang terjadi di media sosial yang bisa sangat menguras pikiran, kita bisa memangkas sumber stres tersebut dengan tidak memedulikan apa yang terjadi di dunia maya. Fokuslah pada kehidupan nyata, kamu bisa melakukan hobi baru di rumah, memasak, menari, melukis, berkumpul dan ngobrol lebih sering dengan keluarga, teman dan pasangan atau hal lain yang bisa membuatmu lupa dengan adanya ponsel.

6. Olahraga

Olahraga bukan hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mental. Ketika rajin olahraga, menggerak tubuh dengan berbagai aktivitas menyenangkan, maka secara alami tubuh akan membakar kalori dan melepaskan hormon kortisol si penyebab stres. Tubuh secara alami akan melepaskan endorfin yang menciptakan kebahagiaan dan rasa puas di dalam diri. Olahraga juga akan lebih banyak meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak sehingga membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan meningkatkan kebahagiaan.

Itu dia cara menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading