Sukses

Lifestyle

Cara Cepat Lunasi Hutang Kartu Kredit? Pakai Transfer Balance

Jakarta Setiap memasuki tahun yang baru, kebanyakan dari kita membuat resolusi untuk dicapai di tahun yang baru. Ada yang ingin berlibur ke suatu tempat, ada yang ingin membeli properti dan mobil, menurunkan berat badan, bahkan ada yang ingin melunasi hutang di kartu kredit. Apakah kamu termasuk yang menjadikan hal terakhir sebagai resolusi tahun baru? Kalau iya, coba pakai cara transfer balance.

 Transfer balance artinya memindahkan hutang yang ada dalam satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya yang berasal dari penerbit yang berbeda. Kamu akan dikenakan bunga tertentu, tergantung bank penerbit, untuk memindahkan hutang/balance. Walaupun dikenakan bunga tertentu, biasanya ada cicilan khusus dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa kamu harus mencoba cara transfer balance:

1. Kalau boleh memilih, pastinya kita lebih memilih untuk membayar tagihan pokok kartu kredit saja ketimbang dengan bunganya, kan? Hutang kartu kredit bisa dibilang adalah hutang paling mahal dikarenakan bunga yang tinggi. Melalui transfer balance dengan cicilan 0%, kamu bisa menggunakan waktu antara 6 sampai 18 bulan untuk membayar habis hutangmu tanpa bunga.

2. Salah satu faktor terbesar dalam catatan kredit adalah prosentase limit kredit yang bisa kamu gunakan. Kebanyakan ahli keuangan merekomendasikan untuk menjaga agar tidak lebih besar dari 30%. Saat memindahkan balance kartu kredit, kartu kreditmu penggunaanya menjadi 0%. Cara ini bisa memperbaiki catatan kreditmu selama kamu tidak 'menciptakan' hutang baru. Hindari pemakaian kartu kredit sampai hutangmu terbayarkan lunas. Plus kalau kamu memindahkan hutang dengan bunga 0%, kamu bisa menyelesaikan hutangmu lebih cepat.

3. Bahkan dengan hutang yang ada, transfer balance tidak selalu jadi opsi terbaik. Contohnya, jika kamu punya hutang Rp 20 juta, tapi bisa membayarkan Rp 7,5 juta tiap bulan, maka bungamu tidak akan terlalu besar.

Intinya, jika kamu ingin menghindari bunga besar dan memperbaiki catatan kredit, secepatnya cari penerbit kartu kredit yang menawarkan fasilitas transfer balance. Pastikan kamu bisa menyelesaikannya dalam kurun waktu enam bulan atau kurang dari itu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading