Sukses

Lifestyle

Merasa Mobil Kamu Boros? Mungkin Cara Mengemudi Kamu Salah

Jakarta Menghabiskan waktu dengan jalan-jalan memang seru, apalagi dengan mobil kesayangan, Fimelova. Tidak terasa waktu berlalu kalau kamu jalan-jalan bersama dengan keluarga atau teman. Tapi, kesal juga ya kalau harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik terus. Walaupun harga BBM dinaikkan karena berbagai alasan, tetap saja kenaikan ini menjadi beban tersendiri bagi para pengguna kendaraan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk penghematan energi, buat kamu yang setiap hari mengemudikan kendaraan sendiri, tips-tips berikut wajib diperhatikan.

1. Jangan biarkan tangki BBM dalam keadaan kosong

Kalau jarum pada tangki BBM sudah berada di garis tengah maka segeralah mengisi bensin sampai tangki menjadi full tank. Semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Kalau tidak segera diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.

2. Perhatikan suara mesin

Pada kecepatan tinggi, biasanya bila jarum RPM (revolution per minute) akan melebih angka 3 dan mesin mobil akan terdengar menggerung. Dalam keadaan seperti ini sebaiknya segera atur perpindahan gigi kendaraan, Fimelova. Mengendarai mobil dengan gigi rendah akan membuat mobil menjadi lebih boros bahan bakar. Sementara itu, membiarkan mobil berada pada top gear ketika melintasi kawasan berbukit atau menanjak juga menghambur-hamburkan bahan bakar yang ada di dalam tangki mobil. Jika mobil yang digunakan memakai transmisi manual, segera pindahkan gigi setelah mobil nyaman dengan gigi yang lebih tinggi, tapi tanpa berakselerasi berlebihan juga.

3. Berkendaralah dengan halus

Upayakan untuk mengemudi dengan kecepatan yang konstan. Semakin sering menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang.

4. Gunakan AC secukupnya

Menyalakan AC terus menerus membutuhkan energi dari BBM. Penggunaan AC, apalagi dengan pengaturan suhu paling tinggi, membuat beban perputaran mesin semakin berat. Agar lebih hemat, hindari menyalakan AC sesaat setelah mesin dihidupkan. Tunggu hingga 4 menit sebelum menyalakan.

The first ever BMW Active Tourer memiliki beberapa kelebihan yang berguna untuk membuat penggunaan BBM menjadi lebih irit, nih Fimelova. BBM Active Tourer dilengkapi dengan mesin generasi terbaru tiga silinder yang ringan dan hemat BBM. Mesin yang dipasang melintang ini menawarkan desain compact dan dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharger, injektor bahan bakar yang sangat presisi, VALVETRONIC fully-variable valve control dan Double VANOS.

BMW Active Tourer dengan bahan bakar bensin tiga silinder baru ini dilengkapi dengan 6-speed Steptronic Transmission yang dapat mengatur akselerasi saat berkendara sehingga efisiensi bahan bakar dan performa menjadi maksimal. Konsumsi bahan bakar rata-rata (dalam siklus tes Uni Eropa) adalah sekitar 20 kilometer / liter dan emisi CO2 sebesar 120 gram/kilometer.

Selain itu fitur Eco Pro Mode juga memungkinkan para pengendara menurunkan konsumsi BBM hingga 20%, tergantung pada bagaimana cara mengemudi yang dilakukan.

Nah, tips-tips di atas bisa kamu bagikan ke teman-teman yang juga mengemudikan sendiri kendaraan mereka, atau ke pasangan kamu, Fimelova. Di tengah-tengah kondisi seperti sekarang, di mana nilai mata uang Rupiah melemah dan harga BBM terus naik, berhemat adalah keputusan tepat.

mybmw.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading