Sukses

Lifestyle

Mengetahui Sejumlah Vitamin yang Paling Dibutuhkan oleh Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tentunya kamu tahu pedoman nutrisi yang direkomendasikan selalu berubah. Ingat ketika telur buruk bagi kesehatan tubuh? Sekarang tidak apa-apa untuk memakannya lagi. Mungkin sulit untuk mengikuti apa yang sehat dan apa yang berbahaya, terutama dalam hal vitamin.

Vitamin yang dibutuhkan tubuh kita dapat dipecah menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Tubuh kita membutuhkan kedua jenis vitamin ini untuk berfungsi dengan baik.

Vitamin yang larut dalam lemak membutuhkan lemak tubuh untuk diserap dan digunakan oleh organ tubuh kita. Vitamin A, vitamin E, dan karotenoid semuanya adalah vitamin yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, kita harus makan makanan yang penuh lemak sehat.

"Kurangnya lemak sehat dalam makanan dapat menyebabkan kekurangan vitamin yang larut dalam lemak yang mengarah lebih jauh ke dalam penyakit dan kekurangan gizi," ujar ahli gizi Amanda Henham dari Vaga Nutrition.

Sedangkan, vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam jaringan seperti yang larut dalam lemak. Vitamin ini ditemukan dalam makanan dan begitu tubuh kita menggunakannya, mereka mengeluarkan kelebihannya dalam urin. Vitamin larut air yang umum adalah folat, vitamin C, dan vitamin B. Menurut Henham, setiap orang membutuhkan vitamin-vitamin ini dalam makanan mereka setiap hari. Melansir dari thelist.com, berikut penjelasan tentang berbagai vitamin yang sebenarnya paling dibutuhkan di dalam tubuh. 

 

Jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh

Vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi tubuh kita. Vitamin A mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, sistem reproduksi, kesehatan sel, dan penglihatan. Vitamin A juga mempengaruhi organ vital kita seperti jantung dan paru-paru.

Vitamin A, datang dalam dua bentuk. Pertama ada provitamin A yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna gelap seperti wortel, brokoli, dan labu. Setelah makan buah-buahan dan sayuran itu, tubuh mengubah provitamin A menjadi vitamin A yang dapat digunakan pada jaringan.

Jenis provitamin A karotenoid yang paling penting adalah beta-karoten. Tipe kedua adalah vitamin A preformed yang ditemukan dalam sumber hewani seperti susu, ikan, dan daging. Kita juga bisa mendapatkan karoten dari suplemen, minyak hati dan minyak ikan, serta minyak kelapa sawit, ganggang, dan jamur.

Vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penuh dengan antioksidan. Sifat antioksidannya melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kamu tentu terus-menerus terpapar oleh radikal bebas berbahaya dari polusi udara, radiasi ultraviolet, atau hanya berjalan melalui asap rokok di jalan. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki persediaan antioksidan yang stabil untuk menjaga sel-sel dari mutasi dan menyebabkan penyakit kronis. Selain itu, vitamin E juga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur dapat kamu konsumsi untuk asupan yang tinggi vitamin E. Sayuran berdaun hijau dan sereal yang diperkaya dengan serat dan vitamin E juga merupakan sumber yang baik.

Jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh

Vitamin C

Sekarang adalah waktu yang tepat dalam mengkomsumsi vitamin C untuk menghindari pilek atau flu yang tak terhindarkan itu. Vitamin C juga penting untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah senyawa di kulit yang membuatnya elastis dan terlihat muda. Kamu juga membutuhkan kolagen untuk tulang rawan, otot, dan pembuluh darah. Seperti vitamin E, vitamin C juga mengandung antioksidan kuat.

Jeruk tentu saja merupakan sumber vitamin C yang bagus, demikian juga buah jeruk lainnya seperti lemon. Paprika, tomat, brokoli, stroberi, buah kiwi, dan labu juga kaya akan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C terbanyak, nikmati buah-buahan dan sayuran mentah. Nikmati salad buah yang enak di pagi hari, lalu paprika segar yang ditambahkan ke dalam hummus untuk camilan sore.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading