Sukses

Lifestyle

Tips Sederhana agar Tidur Lebih Cepat

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ini akan membantu seseorang merasa baik dan membuat tubuh serta otak berfungsi dengan baik. Beberapa orang tidak memiliki masalah dengan tidurnya. Namun, ada sebagian orang lain mengalami kesulitan besar jatuh dan tetap tertidur sepanjang malam. Tidur yang buruk memiliki efek negatif pada banyak bagian tubuh dan otak, termasuk pembelajaran, memori, suasana hati, emosi dan berbagai fungsi biologis. Berikut ini beberapa tips sederhana yang membantu seseorang tertidur dengan cepat.

Menurunkan Suhu Kamar

Suhu tubuh berubah saat seseorang tertidur. Suhu inti menurun, sementara suhu tangan dan kaki meningkat. Jika kamar terlalu hangat, mungkin seseorang akan kesulitan tidur. Preferensi individu akan bervariasi, jadi temukan suhu yang paling cocok untukmu. Mandi air hangat juga bisa membantu mempercepat perubahan suhu tubuh. Saat tubuh menjadi dingin setelah itu, ini dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk tidur.

Tidur Sesuai Jadwal

Banyak orang menemukan bahwa pengaturan jadwal tidur membantu mereka lebih mudah tidur. Tubuh memiliki sistem pengaturan sendiri yang disebut ritmesirkadian. Jam internal ini memberi isyarat pada tubuh untuk merasa waspada di siang hari tetapi mengantuk di malam hari. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internak menjaga jadwal rutin. Setelah tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal ini, akan lebih mudah tertidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Juga penting untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Ini telah terbukti menjadi durasi tidur optimal untuk orang dewasa.

Berlatihan Pernapasan

Ketika orang stres, mereka cenderung mengalami kesulitan tidur. Yoga, meditasi dan perhatian adalah alat untuk menenangkan pikiran dan mengendurkan tubuh. Selain itu, hal tersebut sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Yoga mendorong praktik pola pernapasan dan gerakan tubuh yang melepaskan stres dan ketegangan yang menumpuk di tubuh. Sedangkan meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin dan membantu otak dalam mencapai kondisi tertentu di mana tidur mudah dicapai.

Mendengarkan Musik Relaksasi

Musik dapat secara signifikan meningkatkan kualitas tidur. Itu bahkan dapat digunakan untuk meningkatkan gangguan tidur kronis seperti insomnia. Jika music relaksasi tidak tersedia, membuat hening keadaan mungkin dapat membantu tertidur lebih cepat dan meningkatkan tidur tanpa gangguan.

Berolahraga di Siang Hari

Aktivitas fisik sering dianggap bermanfaat untuk tidur yang sehat. Olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kualitas tidur dengan meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kotisol, hormone stres. Namun penting, untuk mempertahankan rutinitas latihan intensitas sedang dan tidak berlebihan. Pelatihan yang berlebihan dapat dikaitkan dengan kurang tidur.

Coba Aromaterapi

Aromaterapi melibatkan penggunaan minyak esensial. Aromaterapi biasanya digunakan mereka yang kesulitan tidur, karena dapat membantu relaksasi. Selain itu, tampaknya lavender dan damask rose adalah aroma terapi popular dengan efek positif pada tidur. Diffuser minyak esensial dapat membantu mresapi kamar dengan aroma santai yang mendorong tidur.

Membaca Sesuatu

Membaca bisa menjadi kegiatan yang baik untuk membantu bersantai sebelum tidur. Paling tidak untuk anak-anak, nampaknya membaca di waktu tidur dapat meningkatkan tidur lebih lama. Namun, penting untuk memahami perbedaan antara membaca dari buku elektronnik dan buku kertas. Buku elektronik memancarkan semacam cahaya yang dapat mengurangi sekresi melatonin, membuat seseorang lebih sulit untuk tertidur dan menyebabkan dirinya merasa lelah pada hari berikutnya. Oleh karena itu disarankan membaca buku fiksi untuk bersantai dan menikmati kualitas tidur.

Kesulitan tidur tidak hanya membuat frsutasi, tetapi juga dapat memengarhui kesehatan mental dan fisik. Menggunakan teknik-teknik di atas dapat membantu tertidur dengan cepat. Sementara tidur jauh lebih baik dan memiliki lebih banyak energi pada hari berikutnya.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading