Sukses

Lifestyle

Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Dibetes

Fimela.com, Jakarta Jika memiliki diabetes, Sahabat Fimela mungkin akan khawatir tentang makanan dengan baik. Menyimpan makanan makanan yang tidak mudah busuk bisa menjadi cara yang bagus untuk meminimalkan perjalanan ke toko dan memastikan bahwa dirimu memiliki semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan bergizi. Berikut ini adalah beberapa jeis makanan terbaik untuk penderita diabetes.

Tomat Kalengan

Tomat kalengan dapat membumbui banyak hidangan, termasuk sup dan semur. Buah merah durih ini juga kaya akan antioksidan seperti likopen, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, karbohidratnya cukup rendah, sehingga hanya memengaruhi kadar gula darah. Tomat kalengan dapat digunakan untuk memasak atau membuat saus. Sayuran kalengan biasanya tidak kadaluwarsa untuk beberapa tahun setelah pembelian.

Selai Kacang

Selai kacang merupakan sumber protein, lemak, dan serat sehat yang murah dan memiliki beberapa karbohidrat. Ini cara yang bagus untuk membuat camilan lebih mengenyangkan. Selai kacang juga dapat ditambahkan dalam roti bakar dan biskuit, mencampurkannya ke dalam smoothies. Pastikan untuk memilih merek selai kacang yang tidak mengandung gula tambahan karena makanan manis memengaruh kontrol gula darah secara negatif.

Buah Berry

Seperti raspberry relatif rendah gula dan tinggi serat dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti pisang atau apel, sehingga mereka memengaruhi kadar gula darah pada tingkat yang lebih rendah. Selain itu, buah beri dikemas dengan nutrisi dan antioksidan penambah kesehatan.

Bayam

Mengingat bayam mengandung sangat sedikit karbohidrat dan kalori. Sahabat Fimela dapat makan dalam jumlah besar dengan efek minimal pada kadar gula darah. Bayam bisa dimasak sebagai tambahan atau menambahkannya ke dalam sup, tumis dan banyak hidangan lainnya untuk menambah asupan serat, antioksidan dan vitamin A dan K.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah suguhan yang bagus untuk penderita diabetes dan semakin pekat cokelat maka semakin baik, karena cokelat hitam dengan kandungan kakao yang lebih tinggi cenderung mengandung lebih sedikit gula tambahan. Selain itu kakao juga kaya akan serat dan lemak sehat.

Pasta Tinggi Protein

Pasta dengan tinggi protein biasanya dari kacang-kacangan, seperti kacang hitam atau buncis dan bukan gandum. Legum mengandum karbohidrat tetapi mengandung lebih banyak serat dan protein daripada gandum, menjadikan pasta tinggi protein menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan senyawa antiinflamasi dan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mengelola kadar gula darah. Minyak zaitun adalah lemak murni, sehingga tidak mengandung karbohidrat untuk memengaruhi kadar gula darah. Namun, ini tinggi kalori, jadi dirimu harus menggunakannya dalam jumlah sedang.

Beberapa makanan yang tidak mudah busuk atau beku sangat baik untuk dinikmati jika menderita diabetes. Makanan-makanan ini hanya memengaruhi kadar gula darahmu secara alami. Tetapi juga dapat dikombinasikan dengan berbagai cara untuk membuat makanan dan camilan lezat.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading