Sukses

Lifestyle

5 Tips Untuk Menghindari Dehidrasi di Saat Berpuasa

Fimela.com, Jakarta Selama puasa, tubuh kita tidak makan dan juga minum kurang lebih 12 jam. Dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini rentan terjadi walaupun tidak membahayakan nyawa kecuali kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan saat puasa. Dehidrasi berlebihan dapat menyebabkan kelelahan, komplikasi keseluruhan atau kesehatan, seperti batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60 persen air, karena air memiliki peran vital dalam bagaimana fungsi tubuh. Selama bulan Ramadan, dehidrasi bisa saja terjadi saat puasa, tetapi kamu dapat menghindarinya dengan menghidrasi tubuh dengan cara yang benar. Hidrasi yang tepat adalah tentang kuantitas dan waktu, sehingga hidrasi tubuh secara bertahap sangat dianjurkan.

Melansir dari thedailycrisp, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghindari dehidrasi di saat sedang berpuasa.

Cara agar tubuh tidak dehidrasi selama puasa

- Mengonsumsi air mineral yang cukup

Mengonsumsi air yang cukup sangatlah penting untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa. Dalam jangka waktu setelah berbuka puasa hingga sahur, kamu dapat minum satu atau dua gelas perjam sehingga kamu akan mengonsumsi minimal 2,5 liter air. Dianjurkan untuk minum air suhu ruangan daripada air dingin karena dapat membantu pencernaan.

- Hindari makanan yang tinggi garam

Saat sahur, ada baiknya untuk kamu menghindari makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Kondisi ini akan meningkatkan kebutuhan air kamu dan menimbulkan rasa haus yang berlebihan saat siang hari.

Cara agar tubuh tidak dehidrasi selama puasa

- Mengurangi makanan atau minuman yang terlalu manis

Berbuka puasa memang sangat nikmat ditemani dengan makanan atau minuman yang sangat manis. Namun, ada baiknya kamu menguranginya. Jika kamu ingin sesuatu yang manis namun tidak berlebihan, kamu dapat mencampurkan irisan lemon, daun mint dan kayu manis dalam segelas air.

- Mengonsumsi banyak sayur dan buah

Buah dan sayur sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kamu. Kamu dapat mengonsumsi buah yang mengandung banyak air saat sahur. Ada baiknya untuk mengonsumsi sayur dan buah yang beragam saat berbuka puasa ataupun saat sahur.

- Hindari konsumsi kafein berlebih

Mengonsumsi minuman berkafein yang berlebih dapat menyebabkan tubuh kamu merasa haus dalam beberapa jam. Sangat penting untuk menghindarinya saat sahur dan lebih baik mengonsumsi lebih banyak air mineral. 

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading