Sukses

Lifestyle

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Tidak Boleh Mengabaikan Sahur

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa, selain momen berbuka, momen sahur juga penting. Banyak orang sering mengabaikan momen sahur. Alasannya klasik, karena ketiduran atau telat hingga tidak sempat sahur karena sudah masuk waktu imsak.

Walaupun hukumnya adalah sunnah, tetapi apabila dikerjakan akan mendapat pahala. Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik ra, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bersahurlah, karena dalam makan sahur itu ada berkah.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Sahur membuat tubuh kita semakin siap untuk berpuasa pada keesokan harinya, maka dari itu, jangan sampai kamu mengabaikannya. Ada banyak cara agar kamu tidak telat sahur, bisa dengan menggunakan alarm atau meminta bantuan orang lain untuk membangunkanmu.

Masih ada banyak alasan lain yang perlu kamu ketahui perihal sahur yang sebaiknya tidak boleh kamu abaikan. Alasan-alasan tersebut akan dijelaskan pada artikel ini. Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 alasan mengapa sebaiknya kamu tidak boleh mengabaikan sahur. Cek alasan selengkapnya berikut ini.

Memberikan Cadangan Energi Untuk Berpuasa

Alasan mengapa sebaiknya kamu tidak mengabaikan waktu sahur yang pertama adalah sahur memberikan cadangan energi untuk kamu berpuasa pada keesokan harinya. Ingat, selama berpuasa satu hari penuh, kamu harus menahan lapar dan haus.

Selama berpuasa juga pastinya kamu tetap bekerja dan mengerjakan aktivitasmu, jika kamu tidak sahur, kamu tidak punya cukup energi dan tubuhmu bisa lemas. Cadangan energi bisa kamu dapatkan pada saat sahur melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Manfaat makan sahur bagi kesehatan yang utama adalah memberi pasokan energi bagi tubuh sebelum berpuasa. Maka dari itu, jangan mengabaikan waktu sahur hanya karena kamu malas atau ketiduran karena pasti akan berdampak besar pada kelancaran puasamu esok hari.

Menghindari Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Alasan kedua mengapa sebaiknya kamu tidak mengabaikan sahur karena dengan sahur bisa menghindari gangguan pada sistem pencernaan. Tentu saat berpuasa, sistem pencernaan sangat rawan terjadi gangguan karena berjam-jam harus menahan diri dari makan dan minum.

Sembelit adalah satu gangguan pencernaan yang rawan terjadi apabila kamu mengabaikan sahur. Hal ini akibat tidak adanya supan serat dan air yang cukup pada saat berpuasa. Jika kamu sahur, pastinya kamu punya cukup waktu untuk mengkonsumsi makanan yang berserat serta meminum banyak air.

Selain sembelit, masalah lambung seperti asam lambung naik atau maagjuga rawan terjadi pada sistem pencernaan. Maka dari itu, lebih baik kamu tidak mengabaikan sahur. Kemudian, agar kamu terhindar dari masalah pencernaan selama berpuasa maka, disarankan untuk mengkonsumsi air hangat untuk membersihkan usus dari racun sisa makanan.

Meningkatkan Sistem Imun

Ketiga, alasan mengapa sebaiknya kamu tidak boleh mengabaikan sahur ialah karena sahur dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Pada saat berpuasa, tubuh bisa saja rentan terserang penyakit, hal ini disebabkan karena adanya penurunan kinerja sistem kekebalan tubuh saat berpuasa.

Tentunya kondisi tersebut tidak akan terjadi apabila kamu makan sahur secara teratur dengan menu-menu yang sehat. Kandungan makanan seperti vitamin, mineral, serta zat lainnya senantiasa membuat kondisi imun berada dalam performa terbaik.

Maka dari itu, jangan abaikan momen sahur dan usahakan juga pada saat sahur kamu mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bergizi. Contoh makanan sehat yang bergizi ialah sayur dan buah. Kamu bisa membuat masakan dan makanan penutup dengan sayur dan buah, misalnya salad. 

Membantu Program Diet

Selanjutnya, alasan mengapa sebaiknya kamu tidak boleh mengabaikan sahur karena sebenarnya sahur membantu program diet yang sedang kamu lakukan. Program diet pada saat puasa akan semakin maksimal hasilnya jika kamu juga konsisten melaksanakan sahur.

Hal ini karena pada saat makan sahur, terutama jika mengkonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu tubuh untuk dapat membakar lemak. Akan tetapi, dengan catatan kamu juga harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari.

Selain itu, manfaat sahur untuk membantu program diet menurunkan berat badan saat puasa juga dikarenakan sahur membuat kamu tidak mengkonsumsi banyak makanan saat berbuka. Dengan begitu, pola makan pasti lebih terkontrol.

Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Terakhir, alasan mengapa sebaiknya kamu tidak boleh mengabaikan sahur ialah karena sahur membantu melancarkan peredaran darah. Pada saat sahur kamu punya banyak waktu untuk mengkonsumsi air putih.

Air putih terutama dalam kondisi hangat dapat menetralisir dan membuang tumpukan lemak yang ada didalam tubuh. Dengan begitu, racun-racun akan ikut terbuang, yang kemudian berdampak pada lancarnya peredaran darah di dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading