Sukses

Lifestyle

4 Nutrisi yang Perlu Kamu Sertakan dalam Menu Sahur

Fimela.com, Jakarta Terkadang waktu sahur sering diabaikan oleh sebagian orang. Beberapa orang memilih untuk tidak sahur karena malas bangun ataupun ingin mengurangi kalori bagi yang sedang diet. Namun, ada juga yang makan saat sahur dengan porsi yang berlebih. Hal ini juga tidak disarankan karena tidak baik untuk kesehatan.

Melewati sahur akan membuat kamu kehabisan tenaga, tidak mendapat nutrisi dengan baik pada saat menjalankan ibadah puasa, dan membuat konsentrasi kamu berkurang. Saat sahur, ada baiknya untuk kamu memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk memastikan kamu tetap kenyang dan berenergi sepanjang hari.

Ketika kamu melewatkan sahur, kemungkinan besar tidak akan mendapatkan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Melansir dari the daily crisp, berikut adalah nutrisi yang perlu kamu sertakan dalam menu makan sahur yang sehat. 

Makanan yang mengandung nutrisi untuk sahur

- Protein

Penting untuk kamu memasukkan protein saat sahur. Ini akan memberi kamu energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani hari dan juga membuat kenyang lebih lama. Kamu dapat mengonsumsi omelet, kacang-kacangan, ikan bakar, ayam goreng, dan sumber protein lainnya.

- Serat

Dengan mengonsumsi serat saat sahur, ini akan membantu menunda rasa lapar dan membantu menjaga kesehatan usus. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti roti gandum, pasta gandum, beras merah dan sumber serat lainnya.

- Lemak

Tidak semua lemak tidak baik untuk tubuh kamu. Terdapat lemak sehat yang akan membuat kamu kenyang lebih lama saat berpuasa. Kamu dapat mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, dan sumber lemak sehat lainnya. Ada baiknya untuk kamu mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun karena minyak ini juga mengandung lemak sehat.

- Buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran perlu dimasukkan ke dalam menu sahur kamu untuk meningkatkan asupan serat dan menjaga kesehatan usus. Lebih baik fokus pada buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan air untuk membantu kamu tetap terhidrasi sepanjang hari, contohnya seperti semangka, jeruk, tomat, mentimun dan buah ataupun sayur lainnya.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading