Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Mengapa Kamu Bisa Merasa Sedih Secara Mendadak

Fimela.com, Jakarta Pasti kamu pernah mengalami perasaan sedih tiba-tiba kemudian berusaha mencari penyebab atas kesedihan kamu tetapi tidak mendapatkannya. Hal tersebut sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Ada beberapa gangguan psikologis dan neurologis yang bisa menyebabkan seseorang bisa merasa sedih secara mendadak.

Rasa sedih merupakan salah satu perasaan yang muncul ketika ada hal yang kurang menyenangkan perasaan kita. Namun, jika kamu tiba-tiba merasa sedih dan hal itu sering terjadi maka, kamu harus mulai mawas diri dan mulai bertanya apa yang sebenarnya terjadi.

Perasaan sedih secara mendadak dalam waktu yang lama pasti membuatmu merasa sangat tidak nyaman, tidak hanya dirimu tetapi juga bagi orang lain. Perasaan tersebut juga akan mengganggumu dalam banyak hal, misalnya bekerja dan belajar bahkan bisa membuatmu jadi tidak produktif karena emosi negatif semacam ini terlalu menguasai dirimu.

Jika kamu mulai bertanya-tanya alasan mengapa kamu bisa merasa sedih secara mendadak, maka kamu perlu memperhatikan artikel berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 4 penyebab mengapa kamu bisa merasa sedih secara mendadak.

Gejala Depresi

Penyebab mengapa kamu bisa merasa sedih secara mendadak bahkan hingga menangis adalah karena hal tersebut bisa jadi merupakan gejala depresi yang sedang kamu alami. Depresi adalah gangguan suasana hati yang membuat kamu merasa sedih berlarut-larut.

Biasanya, gejala ini berlangsung lebih dari beberapa minggu. Hal ini membuat kamu merasa kehilangan minat untuk melakukan berbagai kegiatan sekalipun itu adalah hobimu. Adapun gejala lain yang bisa dirasakan ialah perasaan muram, putus asa, merasa tidak berharga, lemas dan sulit berkonsentrasi.

Apabila kamu merasakan kesedihan hingga membuatmu menangis artinya kamu sedang mengalami gejala depresi ringan karena kamu masih bisa mengungkapkannya lewat air mata. Namun, apabila sudah masuk dalam gejala berat, biasanya kamu akan kesulitan mengekspresikan perasaan bahkan menangis pun sulit.

Gangguan Kecemasan

Kedua, penyebab kamu bisa merasa sedih secara mendadak ialah masuk pada bagian dari gangguan kecemasan. Setiap orang pasti memiliki tingkat kecemasannya masing-masing, ada yang bisa mengontrolnya dan terlihat baik-baik saja, namun ada juga tidak pandai menutupinya.

Kecemasan yang kamu rasakan, perasaan takut, khawatir, gelisah, gugup, dan tidak percaya diri mendorong perasaan sedih tersebut secara mendadak. Hal tersebut terjadi karena secara tidak sadar kamu terus merasakannya, bahkan sesekali mudah terlintas, hal apa yang membuatmu cemas tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sedih akibat gangguan kecemasan adalah dengan bercerita dan didengar oleh orang yang tepat. Walaupun tidak menyelesaikan masalahmu, tetapi kamu pasti bisa lebih tenang menghadapinya. Jangan biarkan kesedihan terus menghantui, lepaskanlah dengan bercerita dan mengekspresikan apa yang kamu rasa asal setelahnya kamu bisa tenang.

Perasaan Kehilangan

Selanjutnya, penyebab kamu bisa merasa sedih secara mendadak ialah karena kamu sebenarnya sedang merasa kehilangan sesuatu, ataupun seseorang. Kamu sangat kehilangannya hingga membuatmu sedih tiba-tiba, bisa jadi karena ada banyak hal yang mengingatkanmu dengannya.

Kamu masih belum bisa menerima bahwa kamu kehilangan sesuatu dan kamu terus mempertanyakannya, kamu berharap bisa merubah keadaan tetapi tidak. Hal itulah yang membuatmu sedih tiba-tiba.

Kenyataan bahwa kamu tidak bisa mengulang waktu dan rasa penyesalan yang teramat dalam bisa memancing perasaan sedih itu hadir kapan saja dan dimana saja. Untuk penyebab yang satu ini, kamu harus mampu melawan perasaan itu dengan mengubah cara berpikir dan melatih diri agar kuat dari perasaan sedih tersebut.

 

Memori Buruk atau Trauma

Terakhir, penyebab mengapa kamu bisa merasa sedih secara mendadak ialah karena jauh didalam dirimu, kamu masih memiliki trauma atau memori buruk tentang apa yang pernah kamu alami. Memori ini terus terngiang dalam pikiranmu hingga membuatmu sedih.

Bisa jadi kamu merasa memiliki pertanyaan atau sesuatu yang belum bisa kamu ucapkan karena trauma tersebut. Setiap orang pasti pernah mengalami masa terburuk dalam hidupnya yang mungkin sulit dilupakan. Namun, ketika kamu tidak bisa menerimanya sebagai sebuah proses dan perjalanan hidup, maka trauma itu akan selalu jadi emosi negatif.

Satu-satunya yang bisa mengubah keadaan itu adalah dirimu sendiri dengan belajar ikhlas dan memahami bahwa apa yang terjadi dalam hidup terkadang diluar kontrolmu. Kamu hanya bisa menerimanya sebagai sebuah pelajaran agar esok tidak terulang kembali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading