Sukses

Lifestyle

10 Manfaat Minum Air Putih Hangat Saat Buka Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Air putih hangat memiliki banyak manfaat, apalagi kalau dikonsumsi saat buka puasa, bisa membantu menyehatkan tubuh. Air merupakan nutrisi penting, yang membantu melancarkan sistem kerja organ tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 60% air.

Pada saat puasa, tubuh kehilangan air, dan tubuh akan lebih dehidrasi. Saat buka puasa, banyak orang sering mengonsumsi minuman manis yang dingin dan menyegarkan. Padahal sebenarnya lebih baik mengonsumsi air hangat saat buka puasa.

Konsumsi air putih hangat, pada saat buka puasa, setelah perut kosong seharian ternyata bermanfaat bagi pencernaan. Berikut 10 manfaat minum air putih hangat, saat buka puasa untuk kesehatan tubuh, yang dilansir dari Liputan6.com:

Membantu Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi air putih hangat saat buka puasa, bisa membantu menenangkandan mengaktifkan saluran pencernaan. Karena air putih hangat bisa menghidrasi kulit. Air putih hangat bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, karena air merupakan pelumas untuk membuat makanan yang dicerna ke tubuh, mengalir dengan lancar dari perut menuju ke usus.

Bermanfaat untuk Menjaga Sistem Saraf

Manfaat minum air putih hangat, pada saat buka puasa, bisa membantu menjaga sistem saraf pada tubuh. Minum air putih hangat bisa membantu menenangkan sistem saraf, dan melumasi tubuh, yang seharian dehidrasi karena berpuasa.

Sistem saraf yang dehidrasi, bisa mengalami peradangan dan menimbulkan nyeri. Selain itu dehidrasi dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi penyakit ini dengan efektif.

Bermanfaat untuk Mencegah Sembelit

Mengonsumsi air putih hangat pada saat buka puasa, bisa membantu mencegah sembelit, yang sering terjadi karena sistem pencernaan tidak lancar. Minum segelas air hangat saat perut kosong, bisa membantu menghilangkan akumulasi limbah pada tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi lebih cepat.

Minum air hangat saat buka puasa, membantu usus berkontraksi, sehingga akan membantu mencegahnya sembelit.

Membantu Mencegah Dehidrasi

Pada saat puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, karena kekurangan cairan pada tubuh. Manfaat meminum air putih saat buka puasa, bisa membantu tubuh agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi air sangat diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Biasakanlah mengonsumsi air hangat, pada saat keadaan perut kosong, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah terserang penyakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat puasa adalah waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi air hangat saat buka puasa, bisa membantu menurunkan berat badan. Air hangat bisa membantu mengontrol suhu tubuh,dan mengaktifkan metabolisme tubuh, dan membuat tubuh sehat.

Mengonsumsi air putih membantu tubuh menyerap nutrisi, dan membantu membuang limbah pada tubuh. Minum air putih juga bisa membantu perut menahan rasa lapar, sehingga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat mengonsumsi air putih hangat, pada saat bulan puasa yang selanjutnya, bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat merupakan vasodilator, yang bisa memperlancar atau meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar bisa membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Aliran darah atau sirkulasi darah yang sehat, bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit, seperti mencegah penyakit jantung.

Membantu Menghilangkan Stres

Pada saat menjalani bulan puasa, beberapa orang bisa saja terkena stres. Tapi tenang saja karena mengonsumsi air hangat bisa membantu menghilangkan stres. Air putih hangat bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, yang berperan untuk menenangkan tubuh, serta membantu tubuh untuk lebih rileks.

Memiliki tubuh yang rileks bisa membantu mengurangi tingkat stres, membantu menghilangkan kecemasan, karena air putih bisa menyegarkan pikiran.

Mencegah Keracunan

Mengonsumsi air putih hangat saat buka puasa, bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh, dan membuang racun di dalam tubuh. Mengonsumsi air putih hangat, bisa membantu untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, kemudian menjadikan tubuh keringat.

Tubuh yang berkeringat sama saja seperti mengeluarkan racun di dalam tubuh, melalui pori-pori yang terdapat pada kulit. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin. Sehingga konsumsilah ait putih hangat, untuk membantu mencegah keracunan.

Membantu Tubuh Lebih Berenergi

Menjalankan ibadah puasa bagi seseorang, terkadang membuat tubuh lemas, dan tidak semangat berenergi. Ternyata rajin mengonsumsi air putih hangat, bisa membantu membuat tubuh berenergi, dan tentunya tubuh tidak akan mudah lelah.

Mencerahkan Kulit

Pada saat puasa, kulit cenderung lebih kusam, karena tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, konsumsilah air putih hangat pada saat buka puasa maupun saat sahur. Karena air putih hangat bisa membantu menghidrasi kulit jika rajin mengonsumsinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading