Sukses

Lifestyle

Berapa Banyak Olahraga yang Dibutuhkan agar Kesehatan Terjaga?

Fimela.com, Jakarta Selain menjaga pola makan teratur, olahraga rutin juga disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga rutin sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan tidak gampang jatuh sakit. Tapi berapa banyak olahraga yang sebenarnya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa olahraga berlebihan justru tidak baik untuk tubuh. Melansir mindbodygreen.com, olahraga berlebihan akan melepaskan dua hormon penting dalam tubuh, yaitu CRH dan kortisol yang berhubungan dengan respons stres. Jika kadar hormon tersebut berlebihan dalam tubuh maka dampaknya justru bisa menyebabkan masalah dan gangguan pada tubuh. Bagi yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, olahraga terlalu keras pun tidak memberikan hasil yang lebih optimal.

Olahraga 20-30 Menit

Rekomendasi yang paling umum adalah berolahraga 20-30 menit per hari selama empat kali seminggu. Jenis olahraga yang dipilih bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Bila ingin olahraga yang dapat membantu menstabilkan kadar kortisol, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga otot tubuh tetap kencang, olahraga seperti pilates, barre, atau yoga bisa jadi pilihan yang tepat.

Imbangi pula dengan mendapat tidur yang cukup. Agar manfaat olahraga lebih optimal dan energi terjaga, perlu tidur tujuh hingga delapan setengah jam setiap malam. Penting bagi tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan yang cukup dan membantu proses pemulihan setelah berolahraga. Tidur dapat membantu mengeluarkan racun dan meremajakan sel-sel tubuh.

Yuk, mulai lebih rutin dan rajin berolahraga. Khususnya bagi yang sehari-hari bekerja dengan duduk di depan laptop atau komputer, maka penting sekali untuk meluangkan waktu yang cukup untuk berolahraga lebih rutin setiap minggunya. 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading