Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Tidak Akan Membuat Tubuh Menjadi Gemuk

Fimela.com, Jakarta Salah satu kriteria makanan yang disukai banyak perempuan ialah makanan yang tidak membuat berat badan bertambah. Jelas saja, perkara berat badan menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan oleh perempuan karena akan memengaruhi tingkat kepercayaan diri mereka.

Maka dari itu, tidak heran jika ada banyak perempuan yang rela menjalankan program diet ketat hanya untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun, selalu ada dilema yang dirasakan yakni, ketika ingin mengonsumsi makanan favorit yang enak dan lezat, namun makanan tersebut berlemak sehingga niat untuk mengonsumsinya harus ditahan dulu.

Selain itu, masalah lain yang juga dialami perempuan yang sedang berupaya menurunkan berat badan adalah rasa lapar yang tidak dapat dikontrol. Misalnya, sangat mudah merasa lapar walaupun sudah makan sebelumnya. Tentu saja kondisi ini akan sangat mengganggu karena jika tidak makan, maka tubuh bisa menjadi lemas dan malas beraktivitas.

Untuk itu, kamu harus menemukan solusinya yakni, makanan sehat yang bisa dimakan dalam jumlah banyak namun tidak akan membuatmu gemuk. Tenang saja, makanan dengan kriteria tersebut ada dan kali ini akan dibahas oleh Fimela.com yakni, 5 makanan yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Simak ulasannya berikut ini.

Daun Seledri

Makanan yang tidak akan membuat tubuh gemuk pada urutan pertama ialah daun seledri. Sebagai bagian dari sayuran, daun seledri sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan karena daunnya mengeluarkan aroma harum yang kuat serta dapat menambahkan cita rasa dari makanan tersebut.

 Bagian yang biasa digunakan dalam masakan adalah pada batang dan daunnya. Bagian seledri tersebut biasa digunakan untuk menyedapkan sup, soto, serta bubur.

Kandungan yang terdapat pada seledri adalah hampir 95% mengandung air. Selain itu, di dalam seledri juga mengandung kalium, asam folat, serat, dan 30% vitamin K yang sangat berguna untuk tubuh setiap harinya. Seledri juga memiliki jumlah kalori yang rendah yaitu hanya 14 kalori dalam 100-gram sehingga tidak akan membuatmu gemuk.

Dada Ayam

Makanan kedua yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk ialah dada ayam. Dada ayam memang sangat terkenal sering dijadikan asupan protein bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan karena bagian tubuh ayam ini tidak akan membuatmu gemuk.

Dada ayam terkenal dengan proteinnya yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. 100-gram dada ayam ternyata mengandung sekitar 18-gram protein. Supaya nutrisinya tetap terjaga saat akan dikonsumsi, masak dada ayam dengan cara direbus dan ditambah sayuran sebagai sumber seratnya.

Buah Blueberry

Selanjutnya, makanan yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk yang ketiga ialah buah blueberry. Blueberry merupakan buah yang satu keluarga dengan jenis buah berry lainnya, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry.

Buah ini menjadi salah satu buah yang sudah terbukti akan manfaatnya untuk kesehatan. Blueberry juga banyak digunakan bagi mereka para pelaku diet karena buah ini mengandung kalori yang rendah.

Buah blueberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tidak hanya itu saja, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6. Buah berwarna biru juga populer karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi daripada buah lainnya. Serat yang terkandung di dalam blueberry pun cukup tinggi, setidaknya 14% jumlah serat dalam blueberry akan mengisi nilai harian yang dibutuhkan tubuh.

Mentimun

Sering digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit wajah, ternyata mentimun juga merupakan makanan atau sayuran yang tidak akan membuat tubuh gemuk walaupun dikonsumsi dalam jumlah besar.

Hal ini disebabkan karena kandungan kalori yang ada pada timun sangat rendah. Dalam 100 gram timun, hanya mengandung 16 kalori. Ini dikarenakan sebagian besar dari timun itu terdiri dari air. Kandungan nutrisi pada timun terdapat biji dan kulitnya.

Kulit dan biji dari timun menyediakan serat serta vitamin A yang membentuk beta karoten. Vitamin A pada timun ini sangat baik untuk mata Anda. Selain itu di dalam timun juga mengandung potasium, fisetin, flavonoid, vitamin K, dan cucurbitacins.

Tomat

Terakhir, makanan yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk ialah tomat. Tomat merupakan buah dengan kandungan zat likopen yang tinggi. Kandungan zat likopen tersebut ada pada kulit tomat yang memiliki tekstur halus. Buah berwarna merah dan hijau ini memiliki cita rasa yang asam namun sedikit manis.

Selain kandungan zat likopen yang tinggi, di dalam buah terdapat kandungan karotenoid yang dapat membantu melawan penyakit kronis dan juga memberi warna merah pada buah tomat. Tomat juga kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat.

Setiap 100-gram buah tomat hanya terdapat 18 kalori saja, jumlah ini termasuk angka yang tidak tinggi untuk kandungan kalori sehingga wajar saja jika tomat tidak akan menambah berat badan jika dikonsumsi. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung dengan memakannya utuh atau bisa juga dijadikan sebagai jus tomat. Tomat juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran dalam masakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading