Sukses

Lifestyle

5 Cara untuk Memperbaiki Kesalahan dalam Segala Keadaan

Fimela.com, Jakarta Kita semua terkadang melakukan kesalahan, meskipun banyak kesalahan kecil, beberapa kesalahan menyakiti orang lain dan harus ditangani dengan cepat dan menyeluruh. Terkadang kita mencari cara untuk mengatasi kesalahan tersebut. Tentunya tidak mudah bagi setiap orang untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantumu dalam menangani kesalahan apa pun baik itu masalah pribadi maupun lainnya.

Akui Kesalahan Secara Langsung

Jangan menambah kesalahan yang telah dibuat dengan mengabaikannya dengan harapan kesalahan itu akan hilang. Mengabaikan kegagalan tidak akan membuatnya tampak kurang penting, itu hanya akan membuatmu tampak lebih buruk. Bersikaplah terus terang, secara langsung dan singkat, tetapi jujur, akui bahwa dirimu membuat kesalahan. Nyatakan secara spesifik apa yang dirimu lakukan dan seberapa besar dirimu menyesalinya.

Ambil Tanggung Jawab

Respon otomatis dari sifat manusia adalah melompat ke mode pertahanan diri. Tanggapan ini tidak pernah lebih kuat daripada saat kita dipaksa untuk mengakui kekurangan kita sendiri. Selalu ada keadaan yang meringankan dan kebanyakan dari kita tidak bermaksud mengacau. Tetapi semua niat baik tidak mengubah fakta bahwa dirimu telah melakukan kesalahan. Jangan menuding atau menggunakan keadaan untuk membuat alasan, melakukan hal itu hanya membuatmu terdengar seperti lebih peduli untuk keluar dari masalah daripada benar-benar menangani masalah tersebut.

Meminta Maaf

Kata maaf perlu didengar oleh orang yang menanggung beban kesalahanmu. Ini menunjukkan bahwa dirimu memahami bahwa orang ini memiliki pilihan untuk memaafkan kesalahannya atau tidak. Itu mengakui bahwa dirimu membutuhkan pengampunan. Tidak ada yang ingin menjadi orang jahat dan menolak untuk menerima permintaan maaf. Minta maaflah atas segala kesalahan yang dirimu lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Beri Orang Lain Waktu untuk Menanggapinya

Semakin dalam rasa sakitnya, semakin sulit bagi seseorang untuk melepaskannya. Jangan memaksakan tanggapan langsung. Orang membutuhkan waktu untuk berpikir, memproses, dan melepaskan perasaan terluka dan tersinggung. Buat pengakuan langsung, ambil tanggung jawab, minta maaf, dan tawarkan cara untuk menebus kesalahan, lalu mundurlah untuk beberapa waktu.

Dengarkan dan Tanggapi

Baik selama percakapan awal maupun saat dirimu menindaklanjuti, luangkan waktu untuk membiarkan orang lain berbicara. Terkadang yang paling dibutuhkan orang hanyalah berbagi seberapa dalam mereka terluka, atau akibat dari kesalahan yang telah dibuat.

Segala kesalahan memang sulit untuk diperbaiki, terlebih bagi orang-orang yang mengalami perasaan sedih ketika menanggung beban kesalahan seseorang. Layaknya piring yang telah jatuh dan pecah, ia mungkin akan sulit diperbaiki, namun dengan adanya niat baik untuk memperbaiki setiap kesalahan mungkin dapat membantumu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading