Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatasi Kesepian tanpa Banyak Drama

Fimela.com, Jakarta Saat sedang sendirian atau sedang bersama banyak orang, perasaan kesepian bisa hadir dan datang begitu saja. Seringkali kita merasa kesal tiap kali perasaan kesepian itu datang. Padahal kesepian bukanlah sebuah "kutukan".

Untuk mengatasi rasa kesepian, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Mengutip buku Honjok: Seni Hidup Sendiri, mengakui perasaan kesepian adalah langkah pertama untuk mengentaskan kita dari kesepian. Langkah pertama ini perlu dilakukan supaya kita tak makin menyiksa diri dengan rasa kesepian yang menghampiri. Selain itu ada langkah-langkah kecil yang bisa diambil untuk mengatasi rasa kesepian tanpa banyak drama.

1. Melakukan Interaksi yang Bermakna

Kita bisa berhubungan secara online dengan orang-orang yang berpikiran sama. Kita bisa meningkatkan interaksi sosial dengan mengikuti kursus keterampilan atau menjadi anggota kelompok. Intinya adalah melakukan interaksi yang bermakna. Tidak harus langsung meleburkan diri dengan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus.

2. Menjadi Relawan

Lakukan sesuatu dengan sukarela. Bisa menjadi relawan untuk suatu aktivitas atau kegiatan tertentu. Membantu orang lain meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan pun pada akhirnya akan menghadirkan perasaan bahagia pada diri kita sendiri.

 

3. Memelihara Hewan Peliharaan

Memelihara hewan peliharaan bisa jadi salah satu cara menyenangkan untuk mengatasi rasa kesepian. Ketika kita punya kesibukan untuk merawat hewan kesayangan, maka kita bisa mendapatkan kebahagiaan tersendiri. Akan hadir perasaan hangat dan nyaman saat kita memiliki hewan peliharaan di rumah. 

4. Melakukan Sesuatu yang Disukai

Sayangi dirimu sendiri. Lakukan sesuatu yang kamu sukai. Hadirkan perasaan nyaman dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Tak perlu menunggu orang lain untuk membuat dirimu sendiri merasa nyaman dan bahagia. Salah satu cara terbaik bersahabat dengan kesepian adalah melakukan yang terbaik untuk diri sendiri.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Tak perlu terlalu membenci rasa kesepian. Sebab terkadang rasa itu hadir karena sebenarnya kita sedang butuh jeda untuk membahagiakan diri sendiri.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading