Sukses

Lifestyle

5 Tips Sederhana Menghilangkan Bau Mulut yang Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Memiliki masalah bau mulut tentu bisa menjadikan seseorang kurang percaya diri dan bisa menghambat seseorang beraktivitas karena akan menjadikannya sedikit berbicara kepada orang lain. Secara medis, bau mulut disebut dengan halitosis. Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti tidak menjaga kebersihan mulut, makanan yang dikonsumsi, atau bisa diakibatkan karena seseorang mengalami penyakit tertentu, masalah pencernaan, misalnya.

Agar bisa terhindar dari bau mulut, di sini ada beberapa tips yang bisa Sahabat Fimela terapkan. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut

Tentu kamu ingat, sejak kecil dibiasakan untuk menyikat gigi dua kali sehari, ini termasuk cara paling efektif untuk membersihkan gigi dan mulut. Dengan menyikat gigi di pagi hari dan sebelum tidur, akan menghindari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Jika kita tidak menyikat gigi dengan benar dan teratur akan membuat sisa makanan yang menempel pada gigi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan masalah, seperti bau mulut, sakit gigi, bahkan infeksi. Ada pentingnya untuk selalu menerapkan sikat gigi secara rutin.

Memerhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumi juga bisa menjadi pemicu terjadinya bau mulut,. Jadi sebaiknya menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut tersebut, seperti, pete, jengkol, minuman beralkohol dan sebagainya. Kamu bisa mengganti makanan atau minuman yang dikonsumsi dengan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah-buahan.

Konsumsi Air Putih

Air putih dapat menjaga kelenjar ludah tetap terhidrasi. Jadi, minum banyak air setiap hari akan membantu menghilangkan bau mulut. Minumlah segelas air setelah bangun untuk menyegarkan napas dan dalam beraktivitas sehari-hari. Misalnya saat merasakan bahwa kondisi mulut sudah terlalu kering, segeralah untuk meminum air putih.

Ketahui Penyebab Bau Mulut

Seseorang yang memiliki masalah bau mulut, tidak hanya disebabkan karena seseorang tersebut tidak menjaga kebersihan mulutnya dengan baik. Kadang, kita sendiri pun sering merasa, padahal sudah menyikat gigi secara tertatur tetapi masih saja bau mulut. Biasanya, ini disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti gangguan pencernaan, penyakit asam lambung, gangguan ginjal dan lainnya. Nah, jika sudah seperti ini ada baiknya untuk segera mengonsultasikannya dengan dokter.

Konsumsi Permen Karet

Untuk mengurangi masalah bau mulut yang menggaggu juga bisa dibantu dengan mengonsumsi permen karet. Mengonsumsi permen karet bisa dilakukan setelah makan. Cukup kunyah selama 5-10 menit akan bisa membantu menyegarkan napas kembali dan juga dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel di gigi.

Demikian beberapa cara mudah agar terhidar dari bau mulut. Semoga bermanfaat, ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading