Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Kesehatan Mentalmu

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang sadar bahwa kesehatan mental itu penting, namun mengucapkan memang tak semudah melakukan tindakan. Dan ternyata banyak sekali hal-hal yang dilakukan yang tanpa disadari ternyata dapat merusak kesehatan mental.

Inilah beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mental. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Perfeksionis

Mengejar keunggulan adalah kebiasaan yang baik dan penting dalam mencapai tujuan. untuk melakukan yang terbaik saat mencoba mencapai tujuan penting. Tetapi perfeksionisme terbagi menjadi dua yakni perfeksionisme positif dan negatif.

Perfeksionisme positif akan membantmu melakukan yang terbaik, termasuk menetapkan tujuan yang realistis, melepaskan kegagalan dan melihat kesalahan sebagai peluang untuk tumbuh.

Sementara kebiasaan kesempurnaan negatif adalah termasuk menetapkan standar di luar jangkauanmu, ketidakpuasan dengan apa pun yang dikerjakan, keasyikan dengan kegagalan dan melihat kesalahan sebagai bukti ketidaklayakan.

2. Rasa Bersalah

Rasa bersalah beradal perasaan menyesal atas perbuatan. Kebiasaan bersalah sering kali dimulai pada masa kanak-kanak, ketika dirimu belajar atau bertindak dengan cara tertentu karena takut keluarga tidak akan bangga padamu. Seiring bertambahnya usia, cengkeraman emosi dari rasa bersalah mungkin juga semakin membesar.

Kebiasaan bersalah termasuk hal yang dapat memperbesar masalah, mengklaim bertanggung jawab untuk menciptakan atau menyelesaikan masalah yang sedikit atau tidak ada hubungannya denganmu, menganggap dirimu sebagai orang jahat karena melakukan pelanggaran kecil, dan menolak untuk memaafkan diri, inilah hal yang dapat memperburuk kesehatan mentalmu.

3. Kurang Olahraga

Gaya hidup yang tidak sehat dengan sedikit aktivitas akan membawa dampak buruk pada kesehatan dan lebih jauh lagi bisa memperburuk suasana hati dan kesehatan mental. Olahraga teratur dapat meredakan depresi dengan melepaskan endorfin dan bahan kimia "perasaan baik" lainnya, menekan bahan kimia sistem kekebalan yang memperburuk depresi, dan meningkatkan suhu tubuh untuk menciptakan efek menenangkan.

Berolahraga secara teratur juga dapat memberimu kepercayaan diri, mengalihkan pikiran dari kekhawatiran, meningkatkan interaksi sosial, dan membantumu mengatasi tekanan hidup dengan cara yang sehat.

Pola Pikir Kegagalan

Setiap orang memiliki pikiran negatif terhadap beberapa hal dalam hidupnya. Namun, memupuk pikiran negatif ini dapat menciptakan pola pikir gagal, yang dapat mengganggu kemampuanmu untuk sukses.

Pikiran buruk yang mengatakan bahwa hidupmu suram, sengsara, dan tanpa harapan atau makna dapat mengganggumu dalam waktu istirahat. Dan dapat menghalangimu untuk membuat kemajuan di siang hari. Sehingga, pikiran tentang kegagalan yang terus-menerus bisa menimbulkan perasaan cemas bahkan depresi.

Menggunakan Media Sosial secara Berlebihan

Sebuah penelitian mengungkapkan, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat meningkatkan kecemasan dan menurunkan harga diri remaja. Masalah kesehatan mental akibat penggunaan media sosial juga dapat memengaruhi orang dewasa.

The Telegraph melaporkan survei terbaru terhadap 1.500 pengguna dewasa Facebook dan Twitter di mana 62 persen partisipan melaporkan perasaan tidak mampu dan 60 persen melaporkan kecemburuan karena membandingkan diri mereka dengan pengguna media sosial lainnya. 30 persen mengatakan hanya menggunakan dua bentuk media sosial ini membuat mereka merasa kesepian.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan kesehatan mental. Semoga bermanfaat.

 

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading