Sukses

Lifestyle

6 Tips Mengatasi Rasa Canggung saat Bersama dengan Seseorang

Fimela.com, Jakarta Meskipun percakapan yang canggung mungkin tampak sulit, itu bisa menjadi kesempatan yang baik untuk berlatih membuat obrolan ringan dan menangani konflik terutama jika dirimu hidup dengan gangguan kecemasan sosial. Dirimu dapat belajar mengatasi percakapan yang canggung dengan membuat perencanaan sebelumnya, mengasah keterampilan sosial dan mengetahui kapan harus menggunakan sedikit humor. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi percakapan yang canggung.

Pahami Kecanggungan

Kelola situasi dengan memahami penyebab ketidaknyamananmu. Mungkin ada banyak keheningan yang lama atau mungkin orang lain memiliki pendapat kuat yang berbeda denganmu. Identifikasi alasan kecanggungan tersebut, dan dirimu akan selangkah lebih dekat untuk menemukan solusi.

Jaga Percakapan Tetap Mengalir

Lakukan sebanyak yang dirimu bisa untuk menjaga percakapan tetap berjalan, dirimu dan lawan bicara akan merasa lebih nyaman. Percakapan yang baik lebih tentang membuat musik bersama daripada menemukan hal yang tepat untuk dikatakan.

Temukan Humor

Jika percakapan menjadi canggung, pertimbangkan untuk melakukan sesuatu untuk meringankan suasana. Dirimu dapat melakukannya dengan menceritakan lelucon atau cerita lucu, mengolok-olok diri sendiri, atau menemukan humor dalam situasi saat ini. Menjaga suasana hati tetap ringan akan membantu mencairkan suasana dan memajukan percakapan.

Setuju untuk Kompromi

Terkadang percakapan menjadi canggung karena ketidaksepakatan. Dalam situasi seperti ini, selalu upayakan untuk mencari kompromi. Latih empati terhadap orang lain, dan cobalah untuk memahami bagaimana dia memandang situasi secara berbeda darimu. Melakukan hal itu memungkinkanmu menerima sudut pandang orang lain tanpa harus mengubah sudut pandangmu.

Berikan Pertanyaan

Mungkin dirimu berada dalam percakapan yang canggung karena dirimu benar-benar tidak tahu apa-apa tentang orang lain. Dalam situasi ini, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan untuk mencoba dan menemukan minat bersama yang dapat berubah menjadi percakapan.

Bersikaplah Tegas

Jika dirimu menemukan diri diri dalam percakapan dengan orang yang tidak sopan, yang menanyakan sesuatu yang tidak pantas, atau membuatmu tidak nyaman, penting untuk membela diri. Kendalikan dengan mengatakan sesuatu yang tegas.

Jika dirimu mendapati diri menjadi sasaran orang yang sulit diajak mengobrol, alihkan pembicaraan ke topik baru dan individu baru. Berhati-hatilah untuk tidak menyimpan perasaan tidak nyaman untuk diri sendiri.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading