Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Kondisi Tubuh yang Paling Umum Terjadi pada Perempuan Usia 30an

Fimela.com, Jakarta Saat mencapai usia tertentu, ada perubahan yang terjadi dalam diri kita baik secara fisik maupun mental. Seperti ketika seorang perempuan mencapai usia 30an, kondisi mentalnya akan mengalami perubahan. Begitu pula dengan kondisi tubuhnya. Perubahan yang terjadi mungkin tidak cukup menyenangkan, tapi ini wajar terjadi.

Melansir laman Bustle, ada lima perubahan yang terjadi pada tubuh saat mencapai usia 30an. Mulai dari kondisi massa tulang hingga produksi kolagen. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Penurunan Massa Tulang

Produksi tulang perempuan mencapai puncak pada usia akhir 20an. Saat menginjak usia 30an, kita akan mulai mengalami penurunan massa tulang. Inilah yang membuat perempuan jadi makin rentan mengalami osteoporosis. Maka dari itu sangat direkomendasikan bagi perempuan usia 30an untuk mulai lebih memerhatikan asupan kalsium dan melakukan olahraga latihan beban.

2. Peningkatan Hasrat Seksual

Sebueh penelitian tahun 2010 menemukan bahwa perempuan usia 27 hingga 45 tahun memiliki lebih banyak fantasi seksual dengan intensitas yang lebih tinggi, lebih banyak seks, dan lebih terbuka terhadap hubungan seksual kasual dibandingkan perempuan berusia 18 hingga 26 tahun. Hal ini seperti yang dipaparkan oleh TIME dengan responden yang kebanyakan didapatkan dari Craigslist.

3. Peningkatan Risiko Mengalami Depresi

Orang-orang di usia 30an dan 40an memiliki kemungkinan besar mengalami depresi dibandingkan orang-orang di kelompok usia lainnya. Hal ini seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian tahun 2010. Fenomena krisis seperempat abad juga memicu orang-orang di akhir usia 20an dan 30an merasa stres dan tertekan dengan pilihan mereka dan tekanan menjadi orang dewasa yang "benar".

4. Penurunan Jumlah Hormon Pertumbuhan

Pernah dengar Human Growth Hormone (HGH)? HGH adalah hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia saat berada dalam usia pertumbuhan dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Saat kita mencapai usia 30an, produksi hormon ini akan menurun. Itu sebabnya tubuh kita kemungkinan besar akan berhenti tumbuh pada usia 30an. Jadi, kalau mau tambah tinggi ketika sudah berusia 30an tampaknya hal itu akan sulit terjadi.

5. Penurunan Produksi Kolagen

Kolagen adalah bahan yang membuat kulit kita lebih elastis. Di usia 30an, kita akan mulai merasakan penurunan elastisitas pada kulit kita. Kulit wajah mungkin tak sekencang sebelumnya. Bahkan mungkin kondisi payudara akan terasa lebih kendur.

Perubahan akan terus terjadi seiring bertambahnya usia kita. Tak perlu terlalu bersedih dengan perubahan yang terjadi. Justru jadikan ini sebagai motivasi atau semangat untuk lebih rajin dan rutin lagi merawat tubuh kita sendiri.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading