Sukses

Lifestyle

Inilah 5 Bahaya Membandingkan Pasangan dengan Mantan

Fimela.com, Jakarta Mungkin secara tak sadar seseorang suka membandingkan pasangan dengan mantan, atau mungkin ini dianggap sebagai hal yang sepele padahal dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan mental pasangan atau hubungan. Berikut ini adalah beberapa bahaya membandingkan mantan dengan pasangan.

1. Membuat tidak percaya diri

Membandingkan pasanganmu dengan mantan akan membuatnya merasa tak istimewa. Apalagi jika dirimu lebih mengunggulkan mantan. Secara otomatis, dalam benak akan muncul rasa tidak percaya diri dan rasa khawatir bahwa ia tak akan mampu menjadi sosok yang lebih baik bagi orang yang dicintainya.

2. Menimbulkan kecurigaan

Saat dibandingkan, dalam benak seseorang akan timbul berbagai persepsi negatif, seperti rasa curiga terhadap pasangannya. Rasa curiga ini bisa menimbulkan reaksi lainnya, seperti mempertanyakan apakah pasangannya belum bisa melupakan mantan, atau berpikir apakah selama ini ia hanya dijadikan sebagai pelampiasan dan sebagainya. Perasaan seperti ini tentu tak baik dalam hubungan.

3. Cemburu

Cemburu adalah reaksi paling normal saat seseorang dibandingkan dengan mantan. Karena tidak semua perempuan bisa menerima dibandingkan dengan orang lain begitu saja. Jika dibiarkan, perasaan cemburu ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan itu tidak sehat dalam hubungan.

4. Memicu pertengkaran

Salah satu hal yang paling mungkin terjadi saat seseorang dibandingkan dengan mantan ialah, muncul rasa tidak terima. Apalagi ia tak menyukai sosok tersebut akan rentan sekali menimbulkan pertengkaran. Membandingkan pasangan dengan mantan sama saja dengan mencari masalah dan tak ada gunanya.

5. Menimbulkan persaingan

Semua orang pasti memiliki sikap defensif dalam dirinya, dan jika muncul sosok yang dianggapnya membahayakan hubungan ia akan merasa adanya persaingan. Inilah bahayanya dari membandingkan pasangan dengan mantan, dia akan merasa mantan dari pasangan menjadi ancaman yang serius dalam hubungan.

Sebenarnya membandingkan mantan ini mungkin sering secara tak sadar dilakukan, misalnya seperti menyindir atau menceritakan kelebihan mantan di sela-sela pembicaraan. Dan agar tidak menimbulkan hal-hal di atas, sebaiknya kebiasaan membandingkan mantan dan pasangan ini harus dihentikan, karena hanya akan sia-sia.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading