Sukses

Lifestyle

Venue Pernikahan Pilihanmu Harus Penuhi 7 Syarat Ini

Jakarta Dalam merencanakan pernikahan, salah satu hal yang lebih dulu dilakukan dibandingkan yang lain adalah memilih venue. Tempat menikah menjadi penentu untuk memilih hal-hal lainnya, seperti jumlah undangan, katering, tema pernikahan, dan sebagainya. Banyak jenis venue pernikahan yang dapat kamu pilih, Fimelova, tapi sebelum memilih kamu harus memerhatikan 7 elemen penting ini dulu, untuk mempermudah kamu dalam menentukan pilihan yang tepat.

1. Kapasitas tempat sesuai jumlah undangan
Kapasitas adalah hal yang utama, karena kamu harus menyesuaikan tempat yang kamu pilih dengan jumlah tamu yang akan kamu undang. Nggak mau kan kalau venueyang kamu pilih jadi sempit dan sesak karena kapasitasnya tidak sebanding dengan jumlah tamu undangan? tempat yang terlalu kecil dibandingan jumlah tamu dapat membuat para tamu tidak nyaman saat menghadiri pesta pernikahanmu. Tapi jangan memilih tempat yang terlalu besar juga, karena akan membuat pesta pernikahanmu terlihat sepi. Perhitungkan kapasitas tempat dan tamu undangan dengan tepat agar pestamu berjalan lancar.

2. Lokasi strategis lebih baik
Lokasi acara juga menjadi pertimbangan dalam memilih venue. Jangan terburu-buru memutuskan ya, Fimelova. Pertimbangkan dengan baik lokasi yang strategis dan bisa dijangkau dengan mudah oleh tamu undangan. Terutama jika kamu ingin mengadakan pernikahan di luar kota, pastikan para tamu undangan memiliki akses yang mudah sehingga bisa datang ke pesta tepat waktu.

3. Kemacetan di sekitar lokasi
Kemacetan juga menjadi faktor penentu dalam memilih lokasi acara. Mencari lokasi yang tidak terlalu padat oleh acara lainnya juga pertimbangan yang bagus, hal ini dapat membuat tamu undangan dengan senang hati datang ke pestamu. Area sekitar venue yang macet juga dapat mempengaruhi ketepatan acara pernikahan. Terutama jika kamu memilih Sabtu malam sebagai waktu diadakannya pesta, di mana lalu lintas lebih padat dibandingkan hari lain, kamu perlu memperhitungkan jalur-jalur alternatif menuju lokasi acara, dan juga menginformasikannya pada peta lokasi di undangan pernikahan

4. Parkir yang memadai
Selain pertimbangan kapasitas tempat, kapasitas parkir juga menjadi faktor penting. Seringkali tamu undangan kesulitan mencari parkir ketika menghadiri sebuah pesta pernikahan, maka kamu perlu memilih venue dengan area parkir yang sesuai dengan kapasitas. Tentu kamu nggak mau kan kalau para tamu terlambat datang hanya karena kelamaan cari parkir? Jika ruang parkir di tempat acaramu terbatas, pikirkan alternatif lain, misalnya dengan menyediakan jasa valet parking atau menyewa lahan parkir tambahan di dekat lokasi pesta. Kamu perrlu mengoordinasikan hal ini dengan wedding organizer untuk menghindari kesulitan parkir.

5. Konsep pernikahan harus disesuaikan
Konsep pernikahan sangatlah menentukan pemilihan venue. Apalagi jika kamu memilih pernikahaan dengan tema atau adat tradisi tertentu, penting sekali kamu memilih venue dengan nuansa yang selaras dengan konsep pernikahanmu. Beberapa venue pernikahan memiliki desain arsitektur dan interior yang mungkin aja sesuai dengan konsep pernikahanmu, jadi kamu gak perlu lagi menyiapkan dekorasi yang berlebihan. Manfaatkan dekorasi yang sudah melekat pada gedung, atau jika kamu ingin mendekorasi tempat pesta sesuai keinginanmu, pilihlah tempat yang mudah ditata.

6. Antisipasi cuaca
Cuaca juga menjadi pertimbangan lainnya dalam memilih venue acara. Jika tanggal pernikahanmu jatuh pada musim hujan lebih baik kamu memilih tempat acara di dalam ruangan untuk menghindari bubarnya pesta karena turun hujan atau angin kencang. Jika kamu ingin mengadakan pesta di tempat terbuka, kamu juga harus mempersiapkan tenda tambahan untuk para tamu untuk mengatasi kemungkinan cuaca memburuk.

7. Katering sepaket dengan venue
Memilih sajian makanan yang tepat sangat penting agar tamu dapat menikmati pesta. Beberapa venue pernikahan sudah menyertakan pilihan katering yang sepaket dengan penyewaan venue. Jika kamu menyukai meu-menu dan kualitas katering dari venue tersebut, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Tapi jika kamu punya katering favorit laainnya, lebih baik kamu memilih venue yang bisa bekerja sama dengan vendor katering pernikahan lainnya. Kamu perlu tahu katering mana saja yang menjdi rekanan darivenue yang kamu pilih. Karena beberapa venue terkadang tidak mengizinkan kamu menggunakan jasa katering selain katering rekanan mereka.

Sudah punya kandidat venue yang tepat untuk pernikahanmu? Jangan lupa booking sejak jauh hari agar tidak kehabisan tempat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading