Sukses

Lifestyle

6 Hobi Ini Berpotensi Menghasilkan Uang dan Jadi Pekerjaan Sampingan

Fimela.com, Jakarta Semua orang tentu memiliki hobi dan kesenangan masing-masing yang dapat mereka lakukan untuk mengisi waktu luang. Melakukan hobi dipercaya dapat mengurangi stres, membuatmu lebih bahagia dan produktif.

Tapi, tahukan kamu jika beberapa hobi bisa menghasilan uang? Ya, sebagian besar orang berkarier berawal dari hobi. Selain bisa untuk usaha sampingan, beberapa malah jadi pekerjaan utama. Lalu apa saja sih hobi yang bisa menghasilkan pendapatan? Melansir dari shopify.co.id (30/9), berikut adalah beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menulis

Menulis dan menerbitkan tulisan secara online memiliki potensi sumber penghasilan di luar hobi belaka. Cara yang paling jelas untuk menghasilkan uang dari menulis adalah dengan menjualnya sebagai layanan. Kamu bisa menjualnya melalui beberapa platform. Atau mungkin kamu juga bisa membuat blog sendiri dan membangun audiens.

2. Ilustrator dan Desainer Grafis

Seperti menulis, membuat ilustrasi dan desain adalah hobi menghasilkan uang. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di mana pun, kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer. Seorang ilustrator dan desainer grafis biasanya adalah orang-orang yang berpikir kreatif.

3. Musik

Musik juga menjadi salah satu hobi yang menguntungkan. Kamu bisa membuat lagu dan album sendiri dan menjualnya di situs web atau mengunggahnya di platform seperti SoundCloud.

4. Memasak

Memasak adalah salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang. Kamu bisa memulainya dengan membuat blog, saluran YouTube, atau juga membuat akun Instagram dengan membagikan resep. Atau bahkan kamu juga bisa menjual makanan yang telah kamu buat.

5. Berkebun

Baru-baru ini, hobi berkebun menjadi kegiatan yang digembari banyak orang ketika menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Ini adalah hobi yang bisa membuatmu lebih bahagia, sehat dan juga bisa menghasilkan uang. Kamu bisa menjual produk kepada beberapa pelanggan sambil menikmati hobi berkebun sendiri.

6. Fotografi

Jika kamu memiliki kamera yang bagus dan tahu cara menggunakannya, kamu memiliki beberapa cara untuk mengubah fotografi menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang sampingan. Kamu bisa memilih untuk menjadi freelancer. Kamu juga bisa menual stok foto melalui paltform.

Nah, dari beberapa hobi di atas, apakah salah satunya merupakan hobi Sahabat Fimela? Yuk, terus asah hobi dan bakatmu, siapa tahu bisa menjadi pekerjaan sampingan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading