Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Terlalu Peduli pada Penilaian Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang terlalu memikirkan penilaian atau perkataan orang lain. Sikap ini terkadang membuat kita jadi sulit berkembang dan menentukan pilihan hidup kita sendiri. Kita takut dinilai kurang baik, takut tak diterima orang lain bahkan merasa bahwa diri kita tidak sebaik orang lain. Terlalu memikirkan penilaian orang lain hanya akan membuat kita merasa rendah diri dan sulit hidup bahagia.

Agar bisa mengantisipasinya, berikut ini lima tanda kalau kamu terlalu memikirkan penialaian orang lain.

1. Kamu takut menjadi diri sendiri

Kamu selalu melihat dirimu dari mata orang lain. Setiap kali kamu melakukan sesuatu, kamu selalu ingin tahu apa yang orang lain pikirkan. Kamu mengubah hal-hal yang kamu suka bahkan cara berpikir kamu demi disukai orang lain. Terlalu memikirkan penialaian orang lain hanya akan membuatmu merasa rendah diri.

2. Selalu meminta maaf padahal tidak bersalah

Meminta maaf adalah hal baik dan itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang penuh empati. Tetapi kamu tidak perlu meminta maaf untuk kesalahan yang tidak kamu lakukan. Jika kamu kerap melakukan hal seperti ini, itu tandanya kamu takut disalahkan orang lain atau takut tak diakui.

3. Tidak bisa menolak permintaan orang lain

Kamu selalu mengiyakan apapun yang diminta orang lain, bahkan jika itu memberatkanmu. Kamu tidak bisa mengatakan tidak, karena kamu punya perasaan tidak enak dan takut. Kamu takut dijauhi, kamu takut dinilai egois, kamu khawatir disangka tak peduli pada orang di sekitarmu dan sebagainya. Sehingga, kamu selalu mengorbankan dirimu sendiri demi orang lain.

4. Kamu selalu butuh persetujuan orang lain

Tidak dimungkiri bahwa kita selalu butuh orang lain, entah untuk membantu atau meminta nasihat dari mereka. Namun, kamu tidak perlu menggantungkan kebahagiaanmu pada mereka. Sebab, yang paling tahu dirimu sendiri adalah kamu. Memang menyenangkan mendapatkan persetujuan orang lain dari apa yang kita lakukan. Tapi, jangan sampai semua hal dalam hidupmu harus atas persetujuan orang lain.

5. Kamu tidak berani berpendapat

Kita sering gagal mengutarakan apa yang ingin kita katakan karena merasa bahwa kita tidak cukup baik atau merasa pemikiran orang lain lebih baik dari kita. Padahal, sah-sah saja jika ingin berpendapat atas sesuatu. Yang terpenting kamu tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam, dan itu bertujuan untuk membuat keadaan lebih baik.

Memikirkan penialaian orang lain memang tak sepenuhnya salah, karena itu sedikit tidak bisa memotivasi kita jadi orang yang lebih baik. Tapi, jangan terlalu berlebihan apalagi jika kamu sampai toxic pada diri sendiri, karena kamu berhak menentukan kebahagiaanmu sendiri.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading