Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Kesedihan di Hati saat Merasa Dikucilkan

Fimela.com, Jakarta Sudah berusaha jadi orang baik, tapi ada saja yang memandang negatif. Sudah berupaya mengerjakan semua hal dengan sempurna, ada saja orang-orang yang memandang sebelah mata. Dalam situasi tertentu yang tak pernah kita duga, kita bisa merasa sedih karena dikucilkan.

Berada di tengah situasi yang membuat kita merasa dikucilkan atau diasingkan memang sangat tak menyenangkan. Kita akan merasa sangat sedih. Kita pun akan merasa sangat marah dan kecewa, tetapi biasanya perasaan yang paling mendominasi adalah perasaan sedih. Kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan agar tidak terlalu sedih?

 

1. Lepaskan Rasa Tidak Nyaman

Kalau memungkinkan kamu bisa coba untuk mengutarakan ke orang-orang yang telah membuatmu merasa tidak nyaman. Kamu bisa mengungkapkan perasaanmu yang merasa dikucilkan oleh mereka. Namun, jika itu belum bisa dilakukan, kamu bisa coba untuk mencari cara lain. Misalnya, curhat dengan orang terpercaya atau menulis jurnal. Setidaknya di sini kamu berupaya untuk melepaskan rasa tidak nyaman yang menggelayuti diri.

2. Akui Kesedihan di Hatimu

Kadang saat makin keras upaya untuk mengatasi rasa sedih, makin kuat dan dalam rasa sedih yang ada. Jika begini, salah satu cara yang bisa diambil adalah mengakui rasa sedih itu. Emosi dan perasaan yang kamu rasakan ini valid. Jadi, jujur pada diri sendiri juga perlu agar kamu tidak makin terpuruk dalam kesedihan yang ada.

3. Menjaga Jarak dengan Lingkungan yang Toxic

Ada kalanya kita memang perlu membatasi diri dari orang-orang yang sudah jelas toxic atau hanya meremehkan kita. Biarlah mereka memiliki pandangan sendiri padamu. Daripada terus merasa sedih berada di tengah orang-orang yang membuatmu merasa dikuclkan, ada baiknya kamu menjaga jarak. Kamu berhak mendapatkan ketenangan dengan caramu sendiri.

4. Tunjukkan Kelebihan Diri

Biasanya orang-orang mengucilkanmu karena kamu dianggap lemah atau malah ingin menjatuhkanmu. Selain itu, kadang orang-orang mengucilkanmu karena kamu terlalu berbeda. Meski begitu, daripada capek dengan cibiran dengan omongan negatif orang, mending fokus asah potensi diri. Tunjukkan kehebatan dan kelebihan diri agar kamu bisa bersinar dengan caramu sendiri.

5. Fokuslah pada Hal-Hal yang Masih Ada dalam Kendalimu

Mungkin orang-orang mengucilkanmu karena alasan yang menurutmu tak masuk akal. Ya sudah biarkan saja. Kita memang tak pernah bisa mengatur perasaan atau respons orang lain terhadap kita. Kini, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang masih ada dalam kendalimu. Pada hal-hal yang masih bisa kamu kerjakan dan tingkatkan lagi. Sebab hidupmu adalah milikmu, jadi kamulah yang paling tahu cara terbaik untuk membuatnya lebih berwarna.

Terima kasih untuk kamu yang sudah dan masih bertahan menjadi orang baik. Semoga hidupmu selalu dinaungi kebahagiaan dan kehangatan, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading