Sukses

Lifestyle

7 Tips agar Tetap Termotivasi Bekerja saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa, merupakan salah satu ibadah, dimana kita harus dapat menahan lapar, haus dan menahan emosi. Tentu sebelum menjalankan ibadah puasa, dirimu terlebih dahulu melakukan sahur. Namun, tak jarang, lho sebagian dari kita mungkin merasa tak bersemangat ketika bekerjan di tengah menjalankan ibadah puasa.

Bekerja selama Ramadan akan memang memberikan manfaat, tetapi bukan tanpa tantangan. Selama waktu inilah kita cenderung mengeluh atau merasa tidak bertenanga. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat membantumu agar tetap termotivasi saat bekerja di tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Penasaran, seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bertekad

Akan dirimu untuk bekerja dengan semangat dan energi. Meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kewajiban agama seperti melatih pengendalian diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan kamu melakukannya dengan motivasi. Jika kamu sudah bertekad, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan Sahur Secukupnya

Ingat, saat kamu mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, kamu tidak harus makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuatmu merasa mengantuk dan tidak berenergi. Pilih menu seimbang seperti karbohidrat, protein, dan serat dalam asupanmu. Makanan yang mengandung serat membantumu kenyang lebih lama. Selain itu, perbanyak makan sayur dan buah.

3. Sesuaikan Waktu Tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki, pertama, jadwal malam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu juga harus bangun lebih awal daripada di bulan-bulan selain Ramadan. Jadwal kedua adalah setelah sahur dan sholat subuh. Akan lebih baik jika kamu tidak melanjutkan tidur karena dapat menyebabkan dirimu merasa lesu setelahnya. Lebih baik lanjutkan dengan olahraga atau aktivitas energi lainnya. Jika kamu harus berada di kantor pada pagi hari kamu dapat langsung berangkat.

Bagian penting dari Ramadan adalah ketaatan terhadap ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan yang penuh berkah, Ramadan adalah momen untuk kamu memperbaikinya, beribadah dengan segala ketulusan.

4. Sertakan Kegiatan Lain Selama Bekerja agar Tetap Bersemangat dan Berenergi

Gunakan istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuatmu merasa segar dan rileks seperti berolahraga, berjalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja. Kamu juga dapat menggunakan istirahat makan siang untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Kegiatan ini akan membantumu merasa segar dan siap untuk bekerja kembali.

5. Hindari Kafein

Pada hari biasa, kafein dapat membantu kita merasa waspada terutama ketika kita merasa mengantuk. Namun, selama bulan puasa, tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena bisa membuat perut sakit dan sakit.

6. Jaga kesehatanmu

Tubuh mu adalah milikmu, kenali itu. Hindari makanan yang tidak sehat, kegiatan yang tidak produktif dan sejenisnya. Jika kamu sehat, kamu dapat mengatasi semua tantangan dan tampil maksimal di tempat kerja.

7. Perhatikan Ritual Ibadah

Bagian penting dari Ramadan adalah ketaatan terhadap ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan yang penuh berkah, Ramadan adalah momen untuk kamu memperbaikinya.

Well, itulah beberapa tips yang dapat membantumu agar tetap termotivasi. Tetap semangat, ya dalam menajalankan ibadah puasa. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading