Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Merasa Tidak Dihargai

Fimela.com, Jakarta Saat orang lain tidak menghargai kita, perasaan kita pun bisa langsung tak nyaman. Apalagi saat kita sudah mengupayakan sesuatu dengan maksimal, tapi ternyata malah diabaikan rasanya bisa membuat kita makin rendah diri. Saat sudah rendah diri, rasanya tak punya semangat apa pun untuk lanjutkan hidup.

Mengutip buku How to Respect Myself, rendah diri adalah emosi yang rumit. Ada perasaan tidak mampu, malu, dan mental korban bergabung membentuk gumpalan besar. Gumpalan bernama rendah diri ini mirip dengan balon yang ditiup penuh: jika ditekan tidak akan tahan lalu meledak. Untuk bisa kembali merasa baik-baik saja dan kembali tegar, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dicoba.

 

1. Keluarkan Rasa Tidak Nyaman dalam Diri

Merasa sedih, kesal, marah, atau kecewa adalah hal yang wajar ketika kita tidak dihargai. Maka dari itu, kita boleh menerima rasa itu. Cobalah untuk mengeluarkan atau melampiaskan rasa tidak nyaman dalam diri tersebut. Asal tidak melukai diri atau merugikan siapa pun, kita bisa melakukan hal yang bisa membuat hati kita lega. Entah itu menangis, curhat, melampiaskan dalam jurnal, atau aktif menggerakkan tubuh dengan berolahraga.

2. Lakukan Hal untuk Diri Sendiri

Bukan bermaksud untuk egois, tapi di sini kita perlu membuat hati kita merasa lebih lapang dengan melakukan hal yang kita suka. Orang lain mungkin tidak menghargai kita, tapi kita masih bisa menghargai diri kita sendiri apa adanya. Jadi, coba lakukan hal yang paling disuka atau paling membuat nyaman untuk diri sendiri melalui seni, hobi, dan lainnya.

3. Tidak Perlu Menyimpan Dendam

Untuk bisa kembali tegar, kita perlu bersihkan hati kita. Tak perlu menyimpan dendam pada orang yang tak menghargai kita karena itu hanya akan jadi penghambat kita untuk kembali kuat. Maafkan segalanya, lalu lanjutkan langkah ke depan.

 

4. Terima Realitas Hidup yang Kadang Tak Adil

Hidup memang kadang tak adil. Ornag-orang di sekitar kita pun bisa melakukan hal yang tak pernah kita duga. Kita perlu menerimanya apa adanya. Ada hal baik dan buruk. Ada yang bisa membuat kita bahagia, ada yang tidak. Ada yang tidak menghargai kita, tapi yakinlah masih ada yang menghargai kita apa adanya. Yang terpenting dari semua itu adalah tetaplah berbuat baik, sebab menjadi orang baik tak akan membuat kita menyesali apa-apa.

5. Kerjakan Hal Baru

Perasaan tidak dihargai tidak akan menjadi penghambat saat kita bisa membuat pilihan yang lebih baik dalam hidup. Saat kita sudah berbuat baik tapi ternyata tidak dihargai, tetaplah berbuat baik. Mungkin hanya perlu melakukan hal yang baru. Setidaknya melakukan hal baru akan menumbuhkan semangat untuk melanjutkan hidup kembali.

Semoga untuk perasaan tak nyaman yang melingkupi hati kita saat ini bisa segera memudar. Semoga kita tetap bisa jadi orang baik, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading