Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Perempuan yang Lebih Bahagia tanpa Rasa Iri Hati

Fimela.com, Jakarta Kata "iri" didefinisikan sebagai merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain. Biasanya ada perasaan cemburu hingga dengki yang menyertai. Rasa iri kadang muncul saat kita merasa tidak diterima ada orang yang tampak lebih segalanya daripada kita.

Hidup dengan rasa iri hanya akan membuat banyak hal memburuk. Bahkan bisa membuat kita makin sulit bahagia. Kalau selama ini kita merasa sulit bahagia, mungkin penyebabnya karena ada rasa iri hati di dalam diri kita. Jadi, salah satu cara untuk bisa menjadi perempuan yang lebih bahagia, ada baiknya kita menghapus rasa iri dalam kamus kehidupan kita. Caranya? Bisa dari langkah-langkah awal berikut ini.

 

1. Beri Ruang Secukupnya untuk Rasa Iri

Melansir laman mindbodygreen.com, rasa cemburu adalah bagian dari ragam emosi yang dialami manusia pada titik tertentu kehidupan. Maka, kita memang perlu menerimanya. Kita perlu menyadari perasaan ini. Sebab kalau makin ditolak, akan makin sulit kita mengontrol perasaan kita yang lain. Hanya saja, cukup beri ruang secukupnya saja untuk rasa cemburu dan iri yang ada. Sehingga kalau muncul rasa iri, kita bisa langsung tahu cara mengeremnya.

2. Sadari Betapa Beruntungnya Diri Kita

Tiap orang punya jalan hidup dan pilihannya masing-masing. Daripada menghabiskan hidup hanya untuk melongok kehidupan orang lain, mending fokus dengan diri sendiri. Fokus mensyukuri semua yang kita punya. Serta menyadari betapa beruntungnya diri kita dengan semua yang sudah kita miliki saat ini. Bahkan bisa melakukan satu hal yang kita suka hari ini pun sudah menjadi sebuah keberkahan tersendiri.

3. Atur Napas Perlahan

Mengutip buku How to Respect Myself, jika rasa rendah diri terlalu menguasai, curah jantung akan meningkat dan napas menjadi sesak. Oksigen bertumpuk secara berlebihan di dalam darah. Tangan dan kaki pun bisa terasa kaku, dan yang lebih parah bisa membuat kita pingsan. Saat merasa iri karena ada rasa minder di dalam hati, coba atur napas perlahan. Tarik dan embuskan napas perlahan sembari mengucapkan, "Hidup memang begitu." Dengan begini, kondisi tubuh kita akan lebih baik dan tidak lagi tersiksa dengan rasa rendah diri dan iri hati yang menyertainya.

 

4. Relakan yang Tak Bisa Dikendalikan

Ada hal yang masih bisa kita perbaiki dan usahakan. Ada juga hal yang tak bisa kita atur atau kendalikan sama sekali. Biasanya rasa iri muncul karena kita tidak diterima dengan hal yang tak bisa kita kendalikan. Untuk melepas rasa iri, kita pun perlu melepas hal yang di luar kendali diri kita tersebut.

5. Miliki Rutinitas yang Produktif

Kita tak akan punya waktu untuk iri atau cemburu dengan kehidupan orang lain saat kita sudah sibuk dengan rutinitas kita sendiri. Miliki rutinitas sendiri. Hadirkan kesibukan sendiri. Lakukan hal-hal yang produktif untuk mengisi hidup jadi lebih bermakna lagi.

Yuk, saatnya untuk hidup lebih bahagia lagi tanpa rasa iri hati. Semoga ke depannya hidupmu pun jadi terasa lebih berwarna dan menyenangkan lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading