Sukses

Lifestyle

5 Cara Menguatkan Diri saat Merasa Belum Membahagiakan Orangtua

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia kita, makin bertambah pula usia orangtua kita. Makin banyak kesibukan yang kita lakukan, makin sedikit waktu yang kita punya untuk orangtua kita. Bahkan saat kita sudah dewasa pun, masih ada perasaan belum bisa menjadi anak yang berbakti dan belum bisa membahagiakan orangtua.

Ada harapan orangtua yang belum kita penuhi. Ada keinginan orangtua yang belum bisa kita wujudkan. Entah itu terkait pendidikan, pernikahan, pekerjaan, hingga soal hal-hal yang tampak sederhana tapi belum sanggup kita penuhi dengan baik. Ada perasaan sedih ketika kita merasa belum bisa membahagiakan orangtua, tetapi kita tetap perlu menjadi pribadi yang kuat menjalani hidup.

 

1. Berdamai dengan Hal yang Tak Bisa Kita Kendalikan

Kita mungkin punya target tertentu untuk dicapai di usia tertentu. Bahkan orangtua menaruh harapan pada kita untuk bisa mencapainya pada waktu ideal tertentu. Namun, ketika kita sudah berusaha maksimal tapi masih saja ada yang luput, kita perlu berdamai dan merelakan itu semua. Bisa bertahan di titik ini pun sudah menjadi hal yang sangat luar biasa untuk diri kita sendiri.

2. Komunikasikan dengan Orangtua

Mungkin tidak semua di antara kita yang bisa mudah mengomunikasikan persoalan ini. Ada rasa canggung, sedih, dan takut bercampur jadi satu. Namun, jika kita punya kesempatan dan kemampuan untuk mengutarakan isi hati dan perasaan kita pada orangtua, coba utarakan saja. Setidaknya orangtua nantinya bisa lebih memahami kita, atau bahkan membuat kita lebih bersemangat lagi.

3. Beradaptasi dengan Perubahan Hidup

Tadinya kita sudah punya sebuah impian. Namun, karena satu dan lain hal, impian tersebut tak bisa diwujudkan sehingga kita membuat pilihan baru dalam hidup. Tadinya kita ingin membuat orangtua bangga dengan suatu cara tapi ternyata belum berhasil. Maka, kita bisa memilih dan membuat cara lain. Intinya kita perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Sehingga tidak membuat kita merasa tersesat atau malah kehilangan arah dalam hidup.

 

4. Menekuni Hal yang Disukai

Ada hal atau bidang yang kita suka? Maka, kita bisa lebih menekuninya lagi. Kita tetap punya hak untuk bahagia. Bahagia melakukan apa yang kita suka. Bahagia menjalani kehidupan yang kita pilih. Dengan begini, kita pun bisa menemukan hal-hal baru untuk membuat orangtua kita bangga meski berbeda dari rencana yang dibuat sebelumnya.

5. Melihat Sisi Baik dari Situasi saat Ini

Untuk situasi dan realitas saat ini, cobalah untuk melihat hal baik atau sisi baiknya. Mungkin rasa sedih karena belum bisa membahagiakan orangtua ini muncul karena kita perlu bekerja lebih keras dan lebih baik lagi. Ada hal yang perlu kita usahakan lagi. Tetaplah bersabar menerima situasi saat ini. Nanti akan ada waktunya kita bisa menghadirkan senyuman di wajah orangtua kita.

Terima kasih untuk kamu yang sudah bertahan dan masih berjuang untuk membuat orangtua bahagia dan bangga. Apa pun yang sedang kita usahakan saat ini, semoga kita bisa segera mendapatkan buah manisnya, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading