Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenang Menyikapi Orang yang Suka Menghakimi

Fimela.com, Jakarta Punya teman, seseorang, atau kenalan yang suka menghakimi kadang membuat kita tak nyaman saat berkomunikasi dengannya. Di satu sisi kita masih ingin menjalin hubungan baik dengannya. Namun, di sisi lain menghadapi orang yang suka menghakimi membuat kita kadang kesal sendiri.

Sebelum makin emosi atau makin kesal, ada sejumlah cara yang bisa dicoba dalam menghadapi orang yang suka menghakimi. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Saring Ucapannya

Mengutip laman Purpose Fairy, saat ada seseorang yang menghakimi kita dengan buruk, ada kemungkinan dia juga suka menghakimi dirinya sendiri dengan buruk. Caranya bicara kepada kita bisa jadi sama dengan caranya bicara kepada dirinya sendiri. Tak semua penghakiman darinya perlu didengar. Tak perlu dimasukkan ke dalam hati. Jika caranya menghakimi sudah kelewatan, abaikan saja.

2. Beri Rasa Iba

Orang yang biasanya punya masalah dengan diri atau hidupnya sendiri kadang melampiaskannya pada orang lain. Saat seseorang menghakimi kita, daripada menghabiskan energi menanggapinya, cobalah untuk merasa iba. Bisa jadi dirinya sendiri sedang kesulitan dengan sesuatu di dalam kehidupannya, jadi kita bisa coba berempati saja dengannya.

3. Ambil Hal Baik yang Ada

Dihakimi oleh seseorang bisa membuat kita kesal dan merasa terpojok. Sebelum kita makin marah dan kesal dengan penghakimannya, kita bisa coba untuk mengambil hal baik. Mungkin memang ada hal yang perlu kita perbaiki dari diri kita sendiri. Atau ada hal yang perlu kita jadikan bahan introspeksi diri.

 

4. Bila Perlu, Jaga Jarak Saja

Kalau orang yang menghakimi kita jelas tipe orang yang toksik, kita bisa menjaga jarak saja darinya. Kenyamanan dan ketenteraman hati tetap menjadi prioritas utama kita. Kalau berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang yang suka menghakimi terlalu menguras energi kita dan melelahkan, kita bisa untuk sementara waktu menjaga jarak darinya.

5. Hadirkan Senyum

Senyumin saja. Orang yang suka menghakimi biasanya akan selalu mencari cara dan alasan untuk menyudutkan kita. Tak perlu menyimpan rasa dendam atau niat buruk, mending hadirkan senyum saja. Hati pun jadi lebih tenang juga saat kita tersenyum.

Semoga kita senantiasa dikelilingi dengan orang-orang yang baik, ya. Serta bisa menjaga hubungan baik juga dengan siapa pun dalam interaksi dan komunikai sehari-hari.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading