Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyikapi Keraguan Diri agar Tidak Gampang Stres

Fimela.com, Jakarta Meragukan diri sendiri bisa membuat kita rentan mengalami stres dan tertekan. Apalagi ketika akan mulai melakukan sesuatu yang penting, keraguan diri bisa membuat kita jadi makin rendah diri. Agar tidak gampang stres dalam menyikapi keraguan diri, ada sejumlah cara yang bisa kita coba.

Berikut ini strategi sederhana yang bisa dicoba untuk meredakan perasaan meragukan diri sendiri. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Utarakan Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri

Melansir laman Better Up, keraguan diri adalah sikap menahan diri sendiri. Biasanya muncul saat kita takut membuat kesalahan. Padahal dari sebuah kesalahan, kita bisa tumbuh dan meningkatkan kualitas diri. Jadi, kita bisa coba untuk mengutarkan afirmasi positif untuk diri sendiri. Ucapkan hal-hal baik kepada diri sendiri untuk membuat diri merasa lebih nyaman.

 

 

2. Hindari Membanding-bandingkan Diri

Rumput hijau yang tampak lebih hijau dari milik sendiri bisa jadi karena kita tidak merawat atau menyiram rumput kita dengan baik. Daripada terus membuat perbandingan diri, mending kita fokus untuk melakukan hal-hal yang memang bisa kita lakukan dan upayakan. Buat pencapaian baru untuk kualitas hidup yang lebih baik.

 

 

3. Habiskan Waktu dengan Orang-Orang Baik

Saat kita meragukan diri sendiri, kadang kita butuh motivasi dan dorongan dari orang lain. Sedikit motivasi dari orang lain bisa memperbaiki suasana hati kita. Menghabiskan waktu dengan orang-orang baik akan membantu memperbaiki suasana hati kita dan meningkatkan semangat positif dalam hidup.

 

4. Menulis Jurnal

Berlatih menulis jurnal bisa bantu menguraikan isi hati dan perasaan. Saat kita meragukan diri sendiri, biasanya ada hal yang membuat kita bingung dan bimbang akan sesuatu. Sehingga butuh media untuk menjernihkan pikiran dan mencari jalan keluar terbaik. Menulis jurnal bisa menjadi pertolongan pertama untuk mencegah stres karena meragukan diri sendiri.

5. Tetapkan Satu Pilihan

Keraguan diri biasanya muncul karena merasa bingung dan hilang arah. Di sini kita bisa coba fokus tetapkan satu pilihan. Atau bisa lebih tegas mengambil sebuah keputusan. Soal risiko dan konsekuensi yang ada, kita harus menyiapkan diri untuk menerima dan menghadapinya apa pun itu.

Semoga ke depannya kita bisa lebih merasa lebih nyaman dalam mengelola hati dan pikiran, ya. Kalau memang rasanya kesulitan untuk menangani situasi ini sendirian, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional juga.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading