Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Buruk yang dapat Mengganggu Kualitas Tidur, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sering merasa lelah dan linglung di pagi hari, bahkan di malam hari ketika kamu sudah cukup tidur? Mungkin ada penjelasan sederhana yaitu, kamu memiliki kualitas tidur yang buruk. Satu malam kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu pencernaan, gula darah, memperburuk suasana hati menyebabkan sering merasa lapar dan sakit kepala. Studi menunjukkan, kurang tidur kronis selama periode waktu tertentu dapat menyebabkan peradangan yang memengaruhi kesehatan usus dan meningkatkan risiko penyakit jantung, depresi, dan diabetes tipe 2.

Nah, 4 hal ini mungkin sering kamu lakukan yang dapat memengaruhi kualitas tidurmu yang buruk. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan camilan larut malam dapat memperlambat pencernaan dan metabolisme yang menyebabkan gangguan tidur, refluks asam, dan penambahan berat badan. Memiliki jam malam makanan. Makanlah setidaknya 3-4 jam sebelum tidur dan makanlah makanan ringan sebagai makan malam dengan protein, lemak, dan serat yang cukup.

2. Rutinitas Tidur yang Kacau

Dalam penggunaan gadget sebelum tidur, paparan cahaya biru mengacaukan tidur karena menghalangi hormon yang disebut "Melatonin" yang bertanggung jawab untuk membuatmu mengantuk. Cahaya biru keduanya dapat mempengaruhi siklus bangun tidurmu. Inilah mengapa penting untuk tidak menggunakan gadget atau perangkat elektronik apapun (ponsel, laptop, TV) setidaknya 1 jam sebelum tidur. Jika kamu bekerja lembur, gunakan kacamata pemblokiran cahaya biru dengan warna kuning atau cokelat.

3. Kebersihan Kamat Tidur

Kebersihan tidur menyiratkan memiliki lingkungan kamar tidur yang mendorong tidur tanpa gangguan. Optimalkan jadwal tidur dengan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Jadikan kamar tidurmu gelap dan nyaman untuk kadar melatonin yang sehat. Lakukan rutinitas sebelum tidur yang santai seperti membaca, menulis jurnal, meditasi, peregangan ringan, dan lainnya.

4. Latihan Fisik di Malam Hari

Latihan intensitas tinggi atau kuat dapat merangsang sistem sarafmu dengan melepaskan adrenalin dan memberikan suhu tubuh lebih tinggi. Ini dapat menunda tidur bagi kebanyakan orang. Jika kamu termasuk dalam kategori ini, yang terbaik adalah menghindari olahraga setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. Jalan santai atau yoga lembut membuat pilihan yang lebih baik.

Nah, saatnya kamu untuk lebih sadar dan menghindari beberapa kebiasaan buruk di atas ya, Sahabat Fimela.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading