Sukses

Lifestyle

5 Cara Punya Hidup Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Apa cara terbaik untuk memiliki hidup yang bahagia? Jawaban untuk pertanyaan itu bisa sangat beragam. Bahkan masing-masing dari kita punya cara dan pemahaman sendiri soal menemukan kebahagiaan.

Salah satu cara untuk hidup lebih bahagia adalah dengan menjadi diri sendiri. Menyayangi dan mencintai diri sendiri bisa menjadi langkah awal untuk menjalani hidup dengan rasa nyaman. Berikut ini sejumlah langkah awal yang bisa dicoba untuk memiliki hidup yang lebih bahagia dengan menjadi diri sendiri.

 

 

1. Menerima Perbedaan yang Dimiliki

Kita tak bisa selalu sama dengan orang lain. Tak bisa terus menerus memenuhi ekspektasi dan tuntutan orang lain. Keunikan dan perbedaan yang kita punya perlu kita terima dengan kelapangan hati. Kita diciptakan berbeda-beda, maka terima dan syukuri saja semua keunikan yang ada agar bisa menemukan rasa nyaman menjalani hidup.

 

2. Berdamai dengan Ketidaksempurnaan Diri

Merasa tidak sempurna bukan berarti kita lemah. Justru kita perlu berdamai dengan ketidaksempurnaan agar kita bisa senantiasa termotivasi untuk memperbaiki diri jadi lebih baik. Mengutip buku The Comfort Book, hal paling sulit itu adalah menjadi diri sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kita semua begitu terbebani sehingga kita tidak selalu bisa melihat kenyataan siapakah diri kita. Lebih mudah untuk menutupi ketidaksempurnaan daripada menerimanya, tetapi saat kita menerima ketidaksempurnaan maka hati kita bisa terasa lebih ringan dan mudah bahagia.

3. Syukuri Semua yang Sudah Kita Miliki

Alih-alih terus menerus tertekan karena tidak bisa menjadi orang lain atau memiliki penampilan seperti orang lain, mending syukuri yang sudah ada saat ini. Tiap kali menatap cermin, apresiasi semua hal yang terpantul dari cermin. Hati yang penuh syukur akan lebih mudah bahagia.

 

4. Lakukan Hal yang Disukai

Ada kalanya kita menemukan kebahagiaan terbesar justru saat kita melakukan hal-hal sederhana yang kita sukai. Tak harus mengikuti orang lain untuk bahagia. Tak harus meniru aktivitas atau kegiatan orang lain untuk bahagia. Saat kita bisa menemukan hal yang kita sukai dan melakukannya, kebahagiaan akan selalu bisa kita dapatkan.

5. Rawat Diri dengan Cara Ternyaman

Merawat diri dengan baik akan membuat kita lebih nyaman dengan diri kita sendiri apa adanya. Saat tubuh dan pikiran sehat, maka kita bisa lebih mudah merasa bahagia. Kesehatan mental yang baik juga sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh kita yang baik.

Semoga ke depannya kita bisa menjalani hidup dengan bahagia, ya. Terima kasih sudah berusaha melakukan yang terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading