Sukses

Entertainment

Tips Aman Saat Menyetir Dengan Si Kecil

Jakarta Para ayah seringkali mengajak anaknya saat mengemudikan mobil. Kegiatan yang satu ini sangat baik untuk menambah kedekatan hubungan antara ayah dengan anak. Simak tips aman mengemudikan mobil bersama anak berikut ini.

Memangku anak saat menyetir

Kebiasaan yang paling sering kita temui ini tanpa disadari membahayakan anak, misalnya saat harus mengerem mendadak, dada anak bisa terkena trauma atau benturan pada setir mobil. Walaupun hal ini bisa membuat si kecil senang tapi sebaiknya jangan pernah dilakukan.

Merokok di dalam mobil

Kebiasaan yang sering dianggap sepele ini sayangnya masih banyak dilakukan para ayah. Selain merupakan contoh yang tidak baik, asap rokok juga sangat berbahaya bagi anak. Dampak asap rokok bagi perokok pasif jauh lebih berbahaya daripada perokok aktifnya sendiri lho. Sudah jelas hal ini akan mengganggu kesehatan si anak khususnya kesehatan paru-paru yang berhubungan dengan pernafasannya.

Mengatur emosi

Suasana jalan raya yang seringkali macet atau harus berhadapan dengan pengguna jalan yang menyebalkan adalah risiko yang harus dihadapi saat sedang berkendara. Para ayah harus menahan diri dari bersikap kasar, apalagi mengeluarkan kata-kata kasar. Anak akan terus mengingat apa yang dia lihat dan akan hal itu akan membentuk kepribadian yang sama saat ia turun ke jalan.

Gunakan sabuk pengaman

Sebelum berkendara, harus memastikan kalau para ayah dan anaknya sudah mamakai sabuk pengaman dengan benar. Selain memberikan rasa aman, hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik bagi anak.

Hindari penggunaan Handphone dan Earphone

Berkendara sambil menggunakan Handphone dan Earphone sangat jelas membahayakan nyawa ayah di si kecil. Selain itu, hal ini memberikan contoh buruk bagi anak. Ajarkan kepada anak bagaimana berkendara yang aman dan dia akan mencontohnya saat sudah bisa mengemudikan mobil nanti.

Sediakan car seat

Banyak yang belum memahami kalau car seat sangat penting bagi bayi saat ia berada di mobil. Sebaiknya letakkan car seat di kursi bagian belakang karena akan menghindarkannya dari berbagai risiko keselamatan kalau ditempatkan di kursi depan. Kalau si kecil belum punya car seat, para orangtua bisa memasukkan ke dalam daftar belanja bulan ini.

mybmw.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading