Sukses

Parenting

Cara Mengajarkan Anak Bekerja Sama, Simak 5 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan anak bekerja sama perlu dilakukan sejak dini. Bekerja sama merupakan sebuah kemampuan yang penting dalam menyeimbangkan kebutuhan seseorang dengan orang lain. Untuk membantu anak bisa bekerja sama, kita perlu ikut aktif membimbingnya.

Melansir Tips on Helping Your Child Learn to Cooperate via zerotothree.org, ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengajarkan anak bekerja sama. Saat anak berusia enam bulan, kita sudah bisa membimbingnya untuk bekerja sama. Berikut ini sejumlah tips yang bisa dicoba dalam mengajarkan anak bekerja sama.

1. Latihan Bergiliran

Anak usia 6-9 bulan sudah bisa diajak untuk melakukan interaksi bergiliran. Pada usia tersebut, anak juga mulai belajar untuk meniru. Ini waktu terbaik untuk melatih anak bergiliran. Misalnya, saat bermain, kita bisa mengajak anak bergiliran memasukkan mainan ke dalam tempatnya satu per satu. Pengalaman semacam ini dapat membantu anak merasakan kebahagiaan bisa menyelesaikan sesuatu sebagai satu tim.

2. Beri Alasan atas Setiap Permintaan dan Batasan

Ketika berusia tiga tahun, sebagian besar anak sudah menggunakan dan memahami bahasa dengan baik. Saat menjelaskan aturan, batasan, atau larangan kita perlu memberi alasan. Misalnya, "Saat kamu membantu Mama membersihkan semua mainan, nanti kita bisa lebih cepat pergi ke taman."

 

3. Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah

Izinkan anak tumbuh dengan merasakan keuntungan bekerja sama. Libatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga yang ringan. Sebagai contoh, meminta anak untuk membantu menyapu lantai sementara kita membersihkan kaca jendela. Sehingga ketika rumah sudah tampak bersih, kita bisa berterima kasih pada anak dan membiarkan anak merasakan kebahagiaan dan kepuasaan bisa melakukan sesuatu bersama-sama.

4. Beri Pujian Spesifik

Beri pujian pada "kontribusi" yang diberikan anak. Contohnya, "Terima kasih sudah membantu Ibu memasukkan semua baju kotor di bak cuci. Ibu jadi lebih cepat mencucinya. Sekarang kita punya lebih banyak waktu untuk bermain." Pujian yang spesifik seperti itu membantu anak mengenali kemampuan dan keahliannya dengan baik.

5. Memberi Anak Pilihan dengan Tetap Mematuhi Aturan

"Sebelum tidur harus gosok gigi dulu. Mau gosok gigi sekarang atau nanti setelah baca buku?" Mungkin anak akan menunda gosok gigi dan memilih untuk gosok gigi setelah baca buku. Tapi setidaknya anak tak langsung protes atau menolak ketika disuruh. Memberi pilihan pada anak akan membantu anak merasa dihargai. Perasaan dihargai ini pun kemudian akan membantu mereka untuk mau diajak kerja sama.

Tips-tips di atas bisa dicoba untuk mengajarkan anak bekerja sama. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading